Wagub Edy Pratowo Terima Audiensi Dari Komnas Disabilitas

Wagub Kalteng Edy Pratowo saat menyampaikan sambutannya, Senin (20/3).(Media Dayak/Ist)

Palangka Raya, Media Dayak

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menerima audiensi dari Komisi Nasional Disabilitas (Komnas Disablitas) dalam rangka Koordinasi Pelaksanaan Tugas Pemantauan dan Melihat Praktik baik atas Penghormatan, Pelaksanaan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas di Wilayah Provinsi Kalteng, bertempat di Ruang Rapat Wakil Gubernur Kalteng, Senin (20/3). 
 
Dari Komnas Disabilitas hadir Wakil Ketua Komnas Disablitas Deka Kurniawan dan anggota Komnas Disablitas Fatimah Asri Mutmainnah.
 
Mengawali sambutan pengantarnya, Wagub Edy Pratowo menyambut baik audiensi yang dilakukan Komnas Disablitas dalam rangka mencatat semua kendala serta mendiskusikan tantangan dalam pemenuhan hak penyandang disabilitas di wilayah Provinsi Kalteng.
 
“Melalui pertemuan ini, menandai semua tentang upaya-upaya terbaik bagaimana kita turut di dalam melindungi dan mengayomi kepada teman-teman penyandang disabilitas,” tutur Wagub.
 
Wagub mengutarakan Pemprov Kalteng melalui kegiatan atau program yang dijabarkan melalui SOPD masing-masing diharapkan bisa berperan aktif melibatkan dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada penyandang disabilitas untuk berbuat lebih banyak.
 
“Salah satu contoh di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng, Gubernur Kalteng sangat intens sekali terkait dengan program kemandirian dalam rangka pemulihan ekonomi karena dampak dari Pandemi Covid-19 yang dirasakan seluruh masyarakat termasuk penyandang disabilitas,” ungkapnya. 
 
Pada tahun 2022 lalu katanya melanjutkan, Pemprov Kalteng memberikan bantuan produktif bagi 5.000 UMKM. Pada tahun 2023 ini, bantuan akan diberikan bagi 15.000 pelaku UMKM.
 
“Kita memiliki tujuan yang sama bagaimana melibatkan, mengayomi, melindungi, bahkan teman-teman disabilitas ini memiliki kesempatan yang sama untuk bisa tampil, berkreasi, berinovasi. Pemprov memberikan ruang seluas-luasnya bagi penyandang disabilitas yang mau berusaha, bangkit, dan mendapatkan kehidupan yang layak,” terangnya 
 
Sementara itu, Wakil Ketua Komnas Disablitas Deka Kurniawan dalam sambutannya mengapresiasi Pemprov Kalteng dalam pemenuhan hak penyandang disabilitas.
 
“Kami melihat upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemprov Kalteng, berdasarkan informasi Dinas Ketenagakerjaan sudah bersiap-siap melaksanakan salah satu mandat UU membentuk Unit Layanan Disabilitas/ULD yakni Unit Layanan Disabilitas Untuk Ketenagakerjaan yang sudah berkoordinasi dengan Dinsos ini merupakan bagian-bagian yang sangat menggembirakan bagi kami,” kata Deka singkat.
 
Untuk diketahui, Pemprov Kalteng bersama Komnas Disablitas saat menggelar audiensi dalam rangka Koordinasi Pelaksanaan Tugas Pemantauan dan Melihat Praktik Baik atas Penghormatan, Pelaksanaan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas di Wilayah Provinsi Kalteng. (MMC/YM/AW)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait