Wagub Edy Pratowo Hadiri Musrenbangnas 2024

Wagub Kalteng Edy Pratowo saat menghadiri Musrenbangnas di JCC, Senin (6/4/2024).(Media Dayak/Biro Adpim)

Jakarta, Media Dayak 

Wakil Gubernur Edy Pratowo didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sri Widanarni dan Kepala Bappedalitbang Leonard S Ampung menghadiri Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (6/4/2024). 
 
Musrenbangnas diikuti lebih dari 2.000 perwakilan pemerintah pusat dan daerah secara luring dan daring. Adapun agenda Musrenbangnas antara lain membahas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2024 dan Peluncuran Proyeksi Penduduk 2020-2050.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir secara langsung membuka acara tersebut. Jokowi berharap Musrenbangnas dapat menjadi penyambung agenda pemerintah pusat hingga pemerintah kota. Dengan begitu program yang direncanakan tepat sasaran dan dirasakan masyarakat.
 
“Oleh sebab itu saya berharap Musrenbangnas ini bisa menjadi sekrup penyambung agenda pusat, provinsi kabupaten dan kota agar semua inline semuanya seirama dan tepat sasaran. Dan nanti hasilnya betul-betul dirasakan oleh rakyat,” ucap Jokowi.
 
Presiden Jokowi pun meminta kepada semua pihak untuk berhati-hati dalam mengelola fiskal dan anggaran. Dirinya meminta agar tidak ada yang satu rupiah pun meleset dari rencana yang dibuat di awal dan untuk serta memperhatikan skala prioritas.
 
Sementara itu, Kepala PPN/Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan RKP Tahun 2024 fokus pada pencapaian target pembangunan dalam RPJMN tahun 2020-2024 serta meletakkan fondasi menuju Indonesia Emas 2024. Tema RKP adalah “Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”. 
 
Sebagai bagian Musrenbangnas RKP 2024, turut dilakukan Peluncuran Proyeksi Penduduk 2020-2025 sebagai rujukan bagi kementerian/lembaga dan Pemerintah Daerah menyusun program yang mengoptimalkan potensi bonus demografi. 
 
Selain itu disampaikan juga penghargaan bagi daerah yang menyusun perencanaan berkualitas dan mencapai target pembangunan. (Adpim/YM/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait