Tiap Desa Harus Ada Tenaga Kesehatan

 
Anggota DPRD Provinsi Kalteng Evi Kahayanti .(Media Dayak/dok DPRD Kalteng)
Palangka Raya, Media Dayak 
Tenaga kesehatan sebagai salah satu unsur dimasyarakat dan pemerintahan amat dibutuhkan perannya untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan.
 
Oleh karenanya, pelayanan kesehatan secara menyeluruh di setiap daerah sangat diperlukan agar dapat menjangkau seluruh komponen masyarakat, tidak hanya di perkotaan saja tapi juga pedesaan.
 
Terkait hal tersebut, Anggota DPRD Kalteng, Evi Kahayanti mengharapkan keberadaan tenaga kesehatan baik dokter, bidan, maupun perawat agar ada atau ditempatkan secara merata di setiap desa di Bumi Tambun Bungai ini.
 
“Lantaran, keberadaan dan kehadiran tenaga kesehatan sangatlah penting untuk memberikan pertolongan pertama kepada masyarakat, sehingga kami barharap jangan sampai ada diantara desa yang tidak memiliki tenaga kesehatan di provinsi ini,” ujarnya baru-baru ini 
 
Tentunya hal tersebut katanya melanjutkan, sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi, kabupaten dan kota melalui instansi terkait dalam memperhatikannya. 
 
“Pada sisi lain kami berharap, tenaga kesehatan jangan sampai menumpuk di perkotaan namun juga harus dapat disebarkan hingga wilayah pelosok di daerah ini,” ungkapnya.
 
Mengenai persoalan kebanyakan diantara tenaga kesehatan yang enggan bertugas di wilayah pelosok karena berbagai alasan seperti tidak adanya jaringan listrik, telekomunikasi, akses yang jauh, dan lain sebagainya, hal tersebut menurut Evi, harus dapat diselesaikan oleh pemerintah daerah untuk menyediakan hal itu.
 
Lebih lanjut, ia menyarankan kepada tenaga kesehatan agar tidak perlu pilih-pilih daerah sebagai tempat bertugas. Karena, ketika diberikan tugas dan ditempatkan di wilayah pelosok, hal itu merupakan kewajiban yang harus dijalankan dengan semaksimal mungkin dalam rangka membantu pemerintah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
 
“Tugas dan tanggung jawab tersebut harus dapat dijalankan sebagaimana mestinya, tidak ada pekerjaan yang selalu nyaman. Jika kita sudah diberikan tugas jalankan itu dengan maksimal, karena pada waktu memilih menjadi tenaga kesehatan berarti siap bekerja atau ditempatkan dimana saja,” pungkasnya (Ytm/Lsn)
 
 
 
 
 
 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *