Tahap Pertama PDAM Ganti 596 Meteran Air

GANTI METERAN AIR-Petugas dari PDAM Barito Utara saat mengganti meteran air yang rusak. Tahap pertama sebanyak 596 unit meteran iar diganti, Sabtu (2/2).(Media Dayak/Lana)

Bacaan Lainnya

Muara Teweh, Media Dayak

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya kepada pelanggan air bersih diwilayah Kabupaten Barito Utara (Barut), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat melakukan pergantian meteran air PDAM.

Meterisasi merupakan program PDAM Barito Utara untuk mengganti meter air pelanggan secara berkala dan bertahap tiap lima tahun sekali.  Hal ini dilakukan untuk menjaga keakuratan meter air yang dipelanggan sehingga tidak merugikan pelanggan ataupun PDAM sendiri.

Dalam program meterisasi, petugas PDAM datang ke rumah pelanggan untuk mengganti  meter air lama (rusak-red) dengan meter air baru. Penggantian meter dalam program meterisasi ini, tidak termasuk meninggikan, merendahkan atau memindah lokasi meter, yang dilakukan oleh petugas hanya mengganti meteran air saja.

Direktur PDAM Barito Utara, Ir Agus Surjanto melalui Kasubag Hubungan Pelanggan PDAM, Janes Sibarani mengatakan berdasarkan data per 15 Juni 2018, ada sekitar 900 lebih pelanggan yang akan diganti meteran airnya.

“Untuk tahap pertama ini kita akan melakukan meterisasi mengganti meteran air pelanggan sebanyak 596 pelanggan. Akan tetpi dari jumlah ini, sebagian sudah ada yang diganti yang sifatnya mendesak,” kata Janes Sibarani, Sabtu kemarin.

Dikatakan Janes, pergantian meteran air PDAM ini dilaksanakan di dua kelurahan yaitu kelurahan Lanjas dan kelurahan Melayu. Dan membagi sebanyak 5 (lima) kelompok kerja, karena pembaca meter ada lima, jadi setiap pembaca meter ini satu kelompok diikuti dengan tenaga teknisnya, distribusi sama administrasinya.

“Administrasinya ini menyangkut berita acara pergantian meteran ini harus di ketahui oleh pelanggan dan tidak sepihak dalam melakukan pergantian meteran air, tujuannya supaya pelanggan mengetahui bahwa meteran airnya sudah diganti dan sudah bagus. Dan seberapa pun pelanggan menggunakan air akan tercatat di meteran air yang baru tersebut,” katanya.

Janes juga mengingatkan kepada para pelanggan PDAM dalam hal menggunakan air PDAM ini dan meteran air sudah diganti baru. “Dalam menggunakan air agar selalu berhati-hati jangan sampai air terbuang, semakin banyak kita memakai air, konsekwensinya bayarannya juga pasti banyak,” katanya.

Ia juga menghimbau kepada para pelanggan PDAM agar tidak menyalurkan air PDAM kepada pelanggan yang bukan pelanggan PDAM. “Masih ada pelanggan kita yang menyalurkan air kepada pelanggan yang bukan pelanggan PDAM, secara tidak langsung pelanggan PDAM itu mengkomersilkan air, hal itu dilarang,” tegas Janes Sibarani.

Menurut Janes Sibarani, program meterisasi atau penggantian meter ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan PDAM Barito Utara meningkatkan keakurasian pembacaan meter serta penghitungan pemakaian air pelanggan. Disamping itu, untuk menekan tingkat kehilangan air selain upaya seperti sweeping dan penindakan pencurian air.(lna/Lsn)

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *