Sekda Richard Beber Visi Misi Gumas 2025-2045

Sekda Richard menyampaikan pidato pengantar Pj Bupati Gumas atas Ranperda tentang RPJPD Gumas tahun 2025-2045 pada rapat paripurna ke-5 masa persidangan III DPRD Gumas, Senin (8/7) pagi. (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Richard membeberkan visi misi dari ringkasan dasar pada rumusan rancangan akhir RPJPD Gumas tahun 2025-2045.

Richard membeberkan hal itu pada rapat paripurna ke-5 masa persidangan III DPRD Gumas dengan agenda Penyampaian Pidato Pengantar Pj Bupati Gumas atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Gumas tahun 2025-2045 di ruang sidang paripurna DPRD Gumas, Senin (8/7) pagi.

“Visi pembangunan daerah yang telah dirumuskan adalah Gunung Mas yang Berkelanjutan,Sejahtera dan Maju berbasis Agro Resouces dan Tourism atau disingkat Gunung Mas be Smart,”ujar Richard.

Richard menjelaskan, untuk mencapai visi tersebut maka ada upaya (misi) yang perlu dilakukan, yaitu mewujudkan transformasi sosial untuk SDM yang berdaya saing, mewujudkan transformasi ekonomi yang inklusif,mewujudkan tata kelola pemerintahan yang adaptif dan inovatif,serta mewujudkan keharmonisan dan stabilitas daerah.

Selanjutnya mewujudkan ketahanan sosial budaya,mewujudkan pembangunan wilayah yang merata, mewujudkan infrastruktur yang berkelanjutan dan mewujudkan kesinambungan pembangunan daerah.

“Misi di atas akan dijabarkan kembali dengan merumuskan sasaran pokok sehingga upaya yang akan dilaksakan mempunyai tujuan yang jelas, yaitu terwujudnya sumber daya manusia unggul, berkualitas dan modern.Terwujudnya perekonomian daerah yang inklusif, inovatif dan berkelanjutan berbasis keanekaragaman potensi lokal daerah serta terwujudnya tata kelola pemerintahan yang berintegritas dan dinamis,”jabar Richard.

“Kemudian terwujudnya kondusivitas wilayah dalam mendukung ekonomi daerah yang berkeadilan, terwujudnya ketahanan sosial budaya lokal, terwujudnya pembangunan sarana dan prasarana

wilayah yang berkualitas dan merata, terwujudnya pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur yang berkelanjutan dan terwujudnya kesinambungan pembangunan daerah,”tutur mantan Kadis PU Murung Raya itu.

Menurutnya, RPJPD adalah dasar arah kebijakan pelaksanaan penyelenggaraan Pemkab Gumas selama 20 tahun ke depan. Sedangkan pelaksanaan program dan pagu pendanaan secara lebih rinci akan termuat pada RPJMD (5 tahunan) dan level sub kegiatan termuat di RKPD (1 tahun).

“RPJPD ini adalah garis besar arah kebijakan kita yang akan menentukan seperti apa kita nantinya 20 tahun ke depan,”ucap Richard. (Nov/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait