Ratusan KK Tumbang Bulan Terima Bantuan Sembako

Personel BPBD Kabupaten Katingan saat menyerahkan ratusan sak beras dan bahan kebutuhan pokok lainnya secara simbolis kepada masyarakat Desa Tumbang Bulan yang diwakili oleh Kades setempat H Yusran, Rabu siang (24/11/2021), di Desa setempat. (Media Dayak/Ist)
 
Kasongan, Media Dayak
 
 Ratusan Kepala Keluarga (KK) Desa Tumbang Bulan Kecamatan Mendawai yang terdampak banjir terima bantuan sembako dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, yang diantar dan diserahkan oleh sejumlah personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat,Rabu (24/11/2021).
 
Oleh karena Desa Tumbang Bulan tersebut jaraknya cukup jauh dari Kasongan, ibukota Kabupaten Katingan, sehingga dalam pengangkutannya selain menggunakan kendaraan roda empat, dari Kasongan ke pelabuhan Pakahi Kecamatan Kamipang, juga menggunakan armada sungai (Kelotok bermesin mobil). Waktu perjalanannya dari Pakahi ke Desa Tumbang Bulan Kecamatan Mendawai, sekitar 5 jam sekali perjalanan.
 
Setibanya di dermaga Desa Tumbang Bulan, disambut langsung disambut Plt Camat Mendawai Purwoko dan Kepala Desa (Kades) Tumbang Bulan H Yusran serta puluhan warga setempat.
 
 Plt Camat Mendawai, Purwoko saat dibincangi, kepada sejumlah awak media mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Pemkab Katingan melalui BPBD setempat. “Ratusan paket sembako ini langsung kami serahkan kepada masyarakat Desa Tumbang Bulan yang kesemuanya terdampak banjir,” ujar Purwoko.
 
Senada dengan Plt Camat setempat, Kades Tumbang Bulan Yusran, usai menerima bantuan dari personel BPBD secara simbolis pada siang itu, juga mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Pemkab Katingan. 
 
Bantuan ratusan paket sembako ini menurutnya, tanpa diperkirakan diduga sebelumnya, baik dirinya sendiri maupun oleh masyarakat setempat. “Terimakasih sebesar-besarnya atas bantuannya, dan kami manfaatkan yang sebesarnya untuk kebutuhan sehari-hari,” ucapnya.
 
Terkait bencana banjir ini pula, pada hari yang sama menurut H Yusran, ratusan masyarakatnya berkesempatan untuk memeriksa kesehatan gratis dengan tenaga kesehatan (nakes) di UPTD (Puskesmas) Mendawai.
 
Sejumlah nakes dari UPTD Mendawai yang datang ke Desa Tumbang Bulan untuk memberikan pelayanan gratis kepada ratusan masyarakat setempat. “Masyarakatnya pun antusias untuk memeriksakan dirinya,” tuturnya.
 
Terkait dengan banjir yang dihadapi ratusan masyarakat setempat, debit air pada hari Rabu siang (24/11) sudah mulai turun, dari 287 cm turun menjadi 183 cm. “Atau turun sekitar 4 cm,” sebut pria yang biasa dipanggil Ucan ini, seraya jelaskan, meskipun turun 4 cm, namun Titian (jembatan) satu-satunya untuk menuju aktivitas masyarakat setempat belum bisa dilalui. “Pasalnya, masih terendam,” pungkasnya. (Kas/Lsn)
 
 
image_print

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.