Pilkades Serantak di 73 Desa di Barito Utara Dilaksanakan 19 Mei 2022

EVEREADY NOOR

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak tahun 2022 di 73 Desa se Kabupaten Barito Utara akan segera dilakasakan pada tanggal 19 Mei 2022 ini di 9 (sembilan) kecamatan. Jumlah desa se Barito Utara ada 93 Desa dan sudah melakukan pemilihan gelombang pertama ada 19 desa yang dilaksamakan pada tahum 2019 lalu.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Barito Utara (Dinsos PMD) Eveready Noor, di Muara Teweh, Selasa (17/5/2022) mengatakan Pilkades serantak tahun 2022 ini diikuti 249 calon kepala desa yang telah lulus verifikasi administrasi di panitia pemilihan di tingkat desa dan yang dicari calon kepala desa hanya sejumlah 73 orang.

“Berbagai profesi dalam pencalonan kepala desa ini. Terbanyak dari wiraswasta sebamnyak 59 orang, terbanyak kedua dari profesi petani atau perkebunan sebanyak 56 orang, terbanyak ke tiga dari petahana sebanyak 47 orang, dan sisanya dari lain-lain profesi pekerjaan termasuk dari anggota badan permusawaratan desa (BPD). Sedangkan dari jenis kelamin 223 orang lelaki (89,56 persen) dan wanita sebanyak 26 orang (10,44 persen),” kata Kadis Sosial PMD, Everady Noor.

Dari segi pendidikan kata Eveready, calon kepala desa yang berjumlah 249 orang ini terdir SLTP 36 orang, SLTA 173 orang, Diploma 3 (D3) sebanyak 7 (tujuh) orang, Sarjaja strata satu (S1) sebanyak 32 orang dan strata dua (S2) sebanyak 1 (satu) orang.

Sedangkan untuk jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 44.080 orang, untuk jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebamyak 130 TPS dan jumlah surat suara sebanyak 46.285 ditambah 5 persen dari DPT.

“Untuk pemiih terbanyak terdapat pada Kecamatan Teweh Selatan sebanyak 7.959 orang, Teweh Tengah 4.740 orang dan Teweh Baru sebanyak 7.589 orang, sedangkan kecamatan paling sedikit jumlah pemilih yang terdaftar dalam DPT Kecamatan Gunung Purei sebanyak 1.697 orang,” kata dia.

Lebih lanjut Evew panggilan akrab Kadis Sos PMD, tahapan demi tahapan sudah dilalui, termasuk ke tahapan kampanye calon kepala desa dari tangal 10-12 Mei 2022 selama 3 hari. Setelah itu masuk lagi ke tahapan pembagian undangan pemilih, pembuatan TPS dan masa tenang.

“Dengan masuknya waktu kampenaye itu diharapkam dapat dimanfaatkan secara baik oleh calon kepala desa untuk menyampikan visi misi nya. Dan diharapkan juga bagi pemilih untuk mentukan pilihan bukan karema di paksa tapi memilih berdasarkan visi misi kemampuan untuk menjalankan roda pemerintahan desa,” imbuhnya.

Panitia tingkat kecamatan dan desa 90 persen sudah siap melaksakan kagiatan dam menyesuaikan dengan jadwal yang ada. “Laporan kesiapan panitia tingkat kecamatan akan di sampaikan dalam rapat dengan panitia tingkat Kabupaten Barito Utara yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 Mei 2022 di ruang rapat setda barito utara,” katanya.

Pelaksanaan Pikades Serantak ini, panitia akan dilakukan secara virtual zoom metting kepada seluruh Camat se Barito Utara menyampaikam laporan secara langsung pelaksanaan kegiatan kepada Bupati Barito Utara serta undangan lainnya.

“Pelaksanaan Zoom Metting ini juga akan dihadiri oleh Dinas Sosial PMD Provinsi Kalimantan Tengah, dan kami juga mengundang Kemendagri RI Dirjen Bina Pemerintahan Desa serta PWI Barito Utara,” pungkasnya. (lna/Lsn)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.