Peresmian PYCH Warisan Emas Presiden Jokowi Tingkatkan Kesejahteraan Papua

Oleh: Dhita Karuniawati )*

Pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) merupakan bentuk perhatian Pemerintah untuk mengembangkan talenta muda Papua. Sejak pertama kali menjabat Presiden Jokowi merupakan Presiden yang paling sering berkunjung ke tanah Papua, tercatat kurang lebih telah 15 kali menginjakkan kakinya di Bumi Cendrawasih.
Hal itu dilakukan sebagai bentuk perhatian, keseriusan dan kecintaan pemerintah Jokowi terhadap masyarakat Papua untuk membangun berbagai infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua.
Pemerintahan Presiden Jokowi telah meletakkan dua model pendekatan dalam upaya membangun Papua. Pertama adalah pendekatan infrastruktur, dan kedua pendekatan sumber daya manusia. Kedua pendekatan tersebut diharapkan menjadi dasar pembangunan di Bumi Cendrawasih yang berkelanjutan.
Pendekatan infrastruktur dilakukan dari hal yang paling dasar, dari pendidikan hingga pelayanan kesehatan. Karena sejak awal pemerintahan Presiden Jokowi periode pertama hingga kedua, komitmen menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia tak terkecuali di Papua dan Papua Barat, terus terjaga. Di samping itu, yang terpenting adalah bagaimana pelayanan publik dan pemenuhan hak-hak masyarakat, terus dikedepankan.
Pemerintahan Presiden Jokowi juga terus berkomitmen mewujudkan pembangunan infrastruktur yang andal di Provinsi Papua dan Papua Barat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan yang tinggi, mengurangi indeks kemahalan dan pemerataan pembangunan infrastruktur.
Berbagai infrastruktur telah dibangun sebagai bentuk komitmen pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua. Salah satu infrastruktur yang dibangun untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua adalah pembangunan gedung PYCH.
Gedung PYCH dibangun dengan megah, serta memiliki fasilitas yang lengkap. Fasilitas itu untuk menunjang minat, bakat dan kreativitas anak-anak muda di Tanah Papua. Gedung PYCH yang dibangun di Jayapura tersebut telah diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada 21 Maret 2023 lalu.
Gedung PYCH ini diinisiasi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol. (Purn) Prof. Budi Gunawan, SH, M.Si bersama dengan Presiden Ir. H. Joko Widodo, disambut antusias oleh para pemuda dan masyarakat Papua. BIN mendukung pembangunan gedung yang bakal menjadi pusat pengembangan diri talenta muda di wilayah berjuluk Bumi Cendrawasih.
Gedung ini nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat. PYCH nantinya akan berkolaborasi, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM anak-anak muda di Bumi Cendrawasih tersebut.
Melalui PYCH diharapkan anak-anak muda Papua dapat mengimplementasikan potensi dan ide kreatifnya dalam rangka mendukung terwujudnya kesejahteraan di Tanah Papua. PYCH memiliki banyak ide dan gagasan kreatif dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di Papua, diantaranya terkait ketahanan pangan nasional.
Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2020 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat. Langkah anak-anak muda ini sangat diperlukan dalam rangka terwujudnya kesejahteraan di Tanah Papua. Berbagai program yang dilakukan oleh para pemuda ini juga telah memberikan dampak positif untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua.
Presiden Jokowi pada saat peresmian gedung PYCH juga telah mengingatkan mengenai pentingnya Pembangunan SDM Papua. Komitmen pemerintah dalam pembangunan di tanah Papua bukan hanya sekedar memastikan tersedianya infrastruktur saja, namun juga memastikan penguatan SDM.
Pembangunan gedung PYCH ini juga merupakan salah satu komitmen Presiden Jokowi dalam membangun SDM Papua. Kehadiran gedung tersebut diharapkan mampu untuk membantu generasi muda Papua dalam membuat karya-karya dan melakukan segala hal yang bisa dilakukan untuk kebaikan masyarakat tanah Papua.
Program-program yang dikembangkan oleh anak-anak muda Papua yang bertalenta ini akan memiliki nilai bagi perkembangan dan kemajuan Indonesia. Oleh karenanya, gedung PYCH akan diisi oleh anak-anak muda bertalenta untuk meningkatkan kesejahteraan Bumi Cenderawasih yang lebih baik.
Di sisi lain, BIN akan terus mendukung berbagai program dengan memberikan pembinaan kepada mereka. Pembinaan ini merupakan bentuk perhatian BIN terhadap pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintahan Presiden Jokowi dalam membangun kesejahteraan dan kemakmuran Bumi Cendrawasih.

Bacaan Lainnya

)* Penulis adalah kontributor Lembaga Studi Informasi Strategis Indonesia (LSISI)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait