Pemprov Kalteng Gelar Rapat Persiapan Natal Kebangsaan

Panitia Natal Kebangsaan Gelar Konferensi Pers Rapat persiapan Natal Kebangsaan Sabtu 19 Januari mendatang, di Betang Eka Hapakat, Selasa (15/1). (Dayak Pos/Yanting).

Bacaan Lainnya

Palangka Raya, Media Dayak

  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama instansi terkait lainnya, Selasa (15/1) menggelar rapat persiapan Natal Kebangsaan akan dilaksanakan tanggal 19 Januari 2019 di Betang Hapakat Jl. RTA Milono KM. 3,5 Palangka Raya.

Natal Kebangsaan yang diselenggarakan oleh oleh Pemprov Kalteng bersama TNI, Polri, PHBK, dan DAD dimulai dengan ibadah pada pukul 07.00 WIB dan Perayaan pukul 09.00. Natal Kebangsaan kali ini akan diisi refleksi kebangsaaan oleh Prof. Mahfud MD, Tokoh Nasional yang juga Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) .

“Mantan ketua MK ini sudah memberikan kepastian dan kegembiraannya berkesempatan memberikan refleksi kebangsaan dengan masyarakat Kalteng pada saatnya nanti,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Ir. Rawing Rambang, Selasa (15/1).

Adapun pemilihan lokasi kegiatan di rumah betang bertujuan untuk kembali mengingatkan semua masyarakat Kalimantan Tengah tentang falsafah huma betang yang harus dijaga dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Dikatakan Rawing Rambang, perayaan Natal ini akan dihadiri oleh semua komponen bangsa baik dari berbagai suku dan agama yang ada di Kalteng, lebih lanjut Rawing menjelaskan tujuan diadakannya Natal kebangsaan ini, ingin menunjukkan bahwa Kalteng merupakan milik semua orang tanpa membedakan unsur golongan, ras dan agama.

Sementara itu, Irwasda Pol. Drs. Benone Jesaja Louhenaphessy, yang juga salah satu anggota panitia Natal Kebangsaan  mengatakan, perayaan ini merupakan perayaan yang kedua kalinya di Kalteng.

“Perayaan ini mengangkat dari filosofi huma betang yang didalamnya terdiri dari berbagai agama dan nilai-nilai luhur Pancasila,” ujarnya.

Masih di tempat yang sama, Leonard s. Ampung, selaku ketua I menyampaikan, untuk sesi perayaan Natal akan melibatkan semua komponen yang ada di Kalteng.

“Dalam perayaan ini nanti akan dinyalakan obor kebangsaan yang menunjukkan kebersamaan, Bhineka Tunggal Ika dan toleransi yang tinggi di Kalteng, kemudian juga akan di tampilkan tarian kolosal yang menggambarkan keberagaman yang ada di Kalteng, serta medley lagu-lagu Nusantara,” ujarnya.

Panitia menargetkan kurang 5.000 tamu akan hadir dari berbagai elemen masyarakat, dalam Perayaan natal ini juga akan diramaikan oleh penampilan artis lokal dan artis ibukota seperti Gaby Idol.(YM)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *