Pelatihan Menjahit pakaian dengan Mesin dan Operator Komputer Resmi Ditutup

PENUTUPAN PELATIHAN-Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara, M Mastur resmi menutup kegiatan pelatihan menjahit pakaian dengan mesin dan operator komputer muda di aula dinas setempat, Kamis (13/6/2024).(Media Dayak/Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara, M Mastur secara resmi menutup kegiatan pelatihan menjahit pakaian dengen mesin dan operator komputer muda, di aula dinas setempat, Kamis (13/6/2024).

 

Pelatihan ini dilaksanakan selama satu bulan lebih di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) pada Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertranskop UKM) Kabupaten Barito Utara.

 

Dalam kegiatan pelatihan tersebut diikuti sebanyak 48 orang peserta yang dibagi dalam tiga kelas. Untuk peserta pelatihan menjahit pakaian dengan mesin diikuti sebanyak 16 orang 1 (satu) kelas dan opearator komputer muda 2 kelas sebanyak 32 orang yang dibagi menjadi 2 (dua) kelas, dimana para peserta berasal dari Kecamatan Teweh Tengah, Teweh Timur, Teweh Baru, Teweh Selatan, Lahei, Montallat dan Gunung Timang.

 

“Percepatan peningkatan pembangunan di segala bidang terus dan terus dilakukan, termasuk percepatan pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Barito Utara, diantaranya adalah melalui pendidikan dan pelatihan vokasi dan berbasis kompetensi yang dilaksanakan,” kata Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara, M Mastur saat akan menutup kegiatan pelatihan.

 

Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara berharap kepada semua peserta pelatihan untuk tidak hanya berhenti sampai selesainya pelatihan ini saja, tetapi harus selalu terus berusaha untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan keterampilan atau skillnya secara profesional dan kompetitif disegala bidang,  selaras dengan perkembangan yang begitu cepat pada saat ini.

 

Pada kesempatan itu Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara, Mastur juga meminta kepada kaum millennial di daeah ini, agar terus meningkatkan kompetensi pengetahuan, wawasan dan keterampilan dengan demikian diharapkan dapat cepat dan mudah mendapatkan dan menciptakan pekerjaan.

 

“Yang tentunya akan berdampak kepada peningkatan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan pokok ekonomi keluarga dan penurunan angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Barito Utara,” ucap Kadis Nakertranskop UKM.

 

Kepala UPTD BLK Barito Utara, Akurnadi mengatakan kegiatan pelatihan menjahit pakaian dengan mesin dan operator komputer muda merupakan merupakan kegiatan pelatihan yang bersumber dana yang berasal dari dana APBN Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas.

 

“Untuk out put kegiatan pelatihan menjahit pakaian dengan mesin agar dapat mengopresaikan menjahit serta dapat membuat baju, rok dan celana. Sedangkan pelatihan opoerator komputer muda dapat mengoprasikan komputer berupa ketikan wortd, exel dan power poin dalam bentuk buku yang dijilid,” kata dia.(lna/Lsn)

 

 

 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait