Mendukung Smart City, Palangka Raya Akan Diawasi Puluhan CCTV

Herson B Aden

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

   Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Dinskominfosantik) bakal memasang Closed-Circuit Television (CCTV), pada 60 titik di Kota Palangka Raya. Rencana yang akan direalisasikan tahun depan ini bertujuan untuk mendukung pengembangan kota pintar atau smart city.

Kepala Diskominfosantik Kalteng, Herson B Aden menyebutkan, saat ini CCTV yang sudah terpasang ada sekitar 80 titik di Kalimantan Tengah. Namun puluhan CCTV tersebut masih tersebar di sejumlah daerah, yang dalam kata lain tidak terpusat di Kota Palangka Raya.

“Yang 80 itu adanya di daerah strategis seperti pelabuhan, bandara, tempat wisata, dan jalan strategis ekonomi. Untuk tahun depan akan difokuskan di Palangka Raya dan rencananya akan dipasang pada 60 titik,” ucap Herson, sesaat setelah mengikuti lomba memasak dalam rangka menyambut hari ibu di halaman istana Isen Mulang baru-baru ini.

Dikatakannya, semua CCTV yang terpasang tersebut nantinya akan terintegrasi di satu tempat dan masuk di data center milik Diskominfosantik Kalteng.

Dengan adanya integrasi tersebut, data yang akan masuk lebih banyak dan tentu akan mempermudah pengawasan di sejumlah tempat.

Saat ini, CCTV yang aktif di Kota Palangka Raya masih di lingkungan instansi pemerintah, termasuk di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Sedangkan untuk CCTV yang berada di titik strategis akan diintegrasikan tahun depan bersamaan dengan 60 titik baru yang sudah direncanakan.

“CCTV inikan tidak hanya untuk memantau, tapi juga memberikan informasi atas wilayah tersebut. Satlantas misalnya, mereka bisa menggunakan CCTV itu untuk mengawasi jalan yang padat, kemudian Balai Jalan dan Jembatan bisa menggunakan untuk melihat jalan mana saja yang kondisinya bagus atau perlu penanganan cepat, kepolisian juga bisa menggunakan CCTV tersebut untuk memantau keamanan lingkungan,” ucapnya.

Pihaknya juga akan terus mendorong kabupaten dan kota di provinsi ini untuk menuju smart city sesuai arahan Gubernur Sugianto Sabran. Salah satu fasilitas untuk mewujudkan smart city ini adalah penyebaran kamera pengawas di beberapa titik.

Maka dari itu, Pemerintah Kota Palangka Raya diharapkan ikut memasang CCTV di beberapa titik agar sistem pengawasan menjadi lebih luas. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan wilayah selalu terpantau dan juga untuk mempermudah pengambil kebijakan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Sehingga, ketika Palangka Raya banyak dipasangan CCTV, berarti akan menuju smart city. Jadi selain dari provinsi, dari pemerintah setempat juga harus ikut memasang,” bebernya.(YM) 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *