Media Center Kapuas Peringkat Tiga Kalteng

Plt Kadiskominfo Kapuas, Suwarno Muriyat

Bacaan Lainnya

Kuala Kapuas, Media Dayak

Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas berada pada peringkat ketiga se-Kalimantan Tengah setelah Palangka Raya dan Pulang Pisau serta tingkat Nasional pada urutan ke 42 dari 157 dalam pengelolaan Media Center se-Indonesia.

Berdasarksan daftar yang dikeluarkan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI awal pekan lalu itu, sepanjang tahun 2018 Media Center Diskominfo Kabupaten Kapuas telah mengirimkan bahan publikasi berupa berita ke pusat sebanyak 392 dan dipublish sebanyak 279 atau 70 persen.

Atas prestasi ini, Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas H Suwarno Muriyat akhir pekan lalu menyatakan tekadnya untuk memaksimalkan peran petugas pemberitaan yang bersinergi dengan petugas kehumasan dari Perangkat Daerah.

“Sangat banyak kegiatan Pemerintah Kabupaten Kapuas yang tersebar pada 30 Dinas, 17 Kecamatan maupun UPTD langsung menyentuh kepentingan masyarakat namun belum banyak yang dipublikasikan,” terang H Suwarno.

Mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Kapuas  ini menambahkan bahwa pada tiap Perangkat Daerah telah dibentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu yang salah satu tugasnya adalah menginformasikan berbagai kegiatan pada satuan kerjanya.

“Dalam waktu dekat kami akan melatih PPID Pembantu agar mampu mempublikasikan kegiatan yang telah dilakukan. Demikian pula Media Center yang telah dibangun oleh Kementerian Kominfo dan kini terletak di halaman Dinas Perhubungan juga akan kami berdayakan sesuai fungsinya,” ucapnya.

Terkait publikasi pemberitaan, H Suwarno menambahkan, sejak akhir 2018 Diskominfo Kapuas telah menerapkan SIBER (Sistem Informasi dan Berita Terintegrasi) melalui Kapuas Infokom Publik (KIP) telah menyajikan berbagai kegiatan Pemerintah Kabupaten Kapuas, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat, berbagai inbformasi potensi serta media promosi rakyat.

“Kami siap melayani masyarakat demi terlaksananya Keterbukaan Informasi Publik sehingga masyarakat Kapuas makin cerdas dan bijak bermedia sosial serta pemberdayaan potensi masyarakat agar lebih sejahtera,” pungkas  H Suwarno Muriyat (hmskmf)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *