Kwarcab Pramuka Kapuas Gelar Rakercab

Wakil Bupati Kapuas Drs HM Nafiah Ibnor MM didampingi Sekretaris Kwarcab Kapuas, Pimpinan Saka Wirakartika Kodim 1011/KLK dan Andalan Cabang Kapuas saat mengalungkan tanda peserta sebagai tanda dibukanya kegiatan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Kwartir  Cabang Kapuas tahun 2019, Sabtu (16/2) pagi di sanggar Pramuka Kuala Kapuas.(Media Dayak/Ist)

Bacaan Lainnya

Kuala Kapuas,Media Dayak

Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Kapuas yang dibuka Wakil Bupati Kapuas Drs HM Nafiah Ibnor MM Sabtu (16/2) pagi dan berakhir sore bertempat di Sanggar Pramuka Kapuas menetapkan 25 Program Prioritas tahun 2019. 25 program itu dikelompokkan ke dalam lima bagian yakni pembinaan anggota muda, anggota dewasa, organisasi dan hukum, pengabdian dan humas serta pengembangan sarana dan prasarana.

Sebelumnya, Bupati Kapuas Ben Brahim Bahat selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kapuas dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor yang juga Wakil Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kapuas saat membuka Rakercab Kapuas Tahun 2019 menyatakan bahwa Rakercab merupakan salah satu upaya untuk menyamakan gerak, langkah, tujuan dan pengabdian para Pembina dalam mendampingi anak dan pemuda Indonesia agar menjadi kader handal untuk membangun dan memajukan bangsa.

Di hadapan peserta Rakercab yang dirangkai dengan Sidang Paripurna Cabang (Sidparccab) dan Kursus Pengelolaan Dewan Kerja (KPDK) Ben Brahim mempertegas tentang tujuan Gerakan Pramuka.

“Pasal 4 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka bahwa Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhalak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjujung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila serta melertarikan lingkungan,” terangnya.

Ia juga meminta agar Rakercab kali ini menghasilkan program kerja prioritas yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2019 dan Gerakan Pramuka tetap konisisten serta focus untuk mendidika karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu mejaga persatuan dan kesatuan damin utuhnya NKRI.

Sementara itu Sekertaris Kwartir Cabang Kapuas, H Suwarno Muriyat yang mewakili Ketua Kwarcab menyampaikan rasa terima kasihnya karena Pemerintah Kabupaten Kapuas senantiasa mendukung berbagai kegiatan Pramuka. Kwartir merupakan ujung tombak dalam fungsi administrasi pangkal Pramuka ditingkat Kabupaten dan Kecamatan.

“Mari kita kuatkan peran dan fungsi kwartir guna merencanakan berbagai program optudate sehingga pangkalan terdepan pada gugusdepan akan mampu menjalankan tugasnya dalam membina dan mendampingi anak dan kaum muda untuk mempersiapkan dirinya dan bersama masyarakatt membangun bangsa,” ucap H Suwarno.

Disampaikan laporan panitia oleh H Agon Ilas bahwa Rakercab dilaksanakan sehari (16/2) diikuti 100 peserta terdiri dari jajajaran Kwarcab Kapuas, 14 Ketua dan Anggota Kwaran se-Kabupaten Kapuas serta Dewan Kerja sebagai peserta Sidparcab dan KPDK yang dilaksanakan selama dua hari berakhir Minggu (17/2) sore saat bersamaan dengan Gesang Merapi (Gelar sang merah putih) di lapangan Bukit Ngalangkan Kuala Kapuas. (hmskmf) 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *