Masyarakat Diminta Manfaatkan Hasil Hutan Bukan Kayu

Kabid Perencanaan dan Pemanfaatan Dinas Kehutanan Kalteng Agung Catur Prabowo

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

   Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Kepala Bidang Perencanaan dan Pemanfaatan Agung Catur Prabowo mengatakan, hasil hutan tidak hanya melulu soal kayu. Terlebih lagi Kalteng dikenal, salah satu penghasil rotan dan getah nyatu yang ada di Indonesia.

Agung berharap masyarakat sekitar di minta bisa memanfaatkan Hasil Hutan Bukan Kayu untuk keperluan sehari-hari. Bahkan, para pembuat kerajinan juga memanfaatkan Hasil Hutan Bukan Kayu seperti rotan dan getah nyatu sebagai bahan baku khas Kalteng.

Namun Agung mengakui masih lemahnya pengelolaan Hasil Hutan Bukan Kayu di Kalteng. “Karena pasar yang belum jelas. Ini Pekerjaan Rumah bagi kami juga. Mengharapkan ada informasi dari perindustrian, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) soal berapa kebutuhan untuk bahan mentah untuk kerajinan khas Kalteng,” ujarnya akhir pekan lalu.

Menurut Kabid Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan ini pihaknya telah meminta Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) yang ada di kabupaten/kota untuk menginventarisir hasil-hasil hutan yang diperlukan termasuk Hasil Hutan Bukan Kayu. 

Lebih lanjut dikatakannya, masyarakat khususnya pengguna Hasil Hutan Bukan Kayu juga dapat bekerja sama dengan KPH untuk mengajukan pengelolaan hutan kemasyarakatan. Di sana nantinya hasil-hasil hutan bukan kayu semacam pantung, getah nyatu, gemor, rotan dan tengkawang dapat dikelola agar tetap terpelihara dengan baik.

“Kami berharap, pengarajin terus bisa berkoordinasi dengan pihak terkait, agar kami sebagai yang memonitor bisa dikoordinir dengan baik sehingga, kita bisa bersama-sama mengelola keberadaan hasil hutan bukan kayu, untuk keberlangsungan tanaman tersebut,” urainya menutup pembicaraan.(YM)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *