Kalteng Expo Ajang Promosi dan Peluang Investasi Bagi Komoditas Unggulan Kalteng 

Wagub Kalteng Edy Pratowo saat menyerahkan Kontrak Kerja dan CoE, di Area Pameran Temanggung Tilung, Sabtu (11/5/2024).(Media Dayak/MMC Kalteng)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo secara resmi membuka Kalteng Expo Tahun 2024 yang digelar dari tanggal 11 sampai dengan 15 Mei 2024 yang dipusatkan di Area Pameran Temanggung Tilung, Sabtu (11/5/2024).
 
Gubernur Kalteng dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wagub Edy Pratowo menyampaikan, bahwa Kalteng Expo adalah agenda rutin tahunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang pada tahun ini menginjak usia ke-67 tahun, dan sekaligus salah satu upaya untuk mendukung Program Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).
 
“Kalteng Expo ini diselenggarakan sebagai ajang promosi dan informasi peluang investasi bagi komoditas unggulan daerah Kalteng dengan tujuan antara lain untuk menciptakan wahana interaksi bisnis antara pelaku usaha, pembeli, dan investor, dalam rangka mendorong masuknya investasi ke Provinsi Kalteng,” ungkap Wagub.
 
Sehingga lanjutnya, volume perdagangan produk unggulan daerah, industri, SDM, dan sektor-sektor lainnya di Kalteng dapat meningkat, sehingga memperkuat kemitraan antar pelaku usaha, digitalisasi pemasaran, dan optimalisasi produk unggulan daerah, serta mengajak masyarakat lebih mencintai produk dalam negeri dan lokal daerah, terlebih di era pasar bebas saat ini.
 
“Kalteng Expo adalah agenda rutin tahunan Pemprov Kalteng, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalteng yang pada tahun ini menginjak usia ke-67 tahun, dan sekaligus salah satu upaya untuk mendukung Program Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI),” ungkapnya.
 
 
Wagub menyebut dengan digelarnya Kalteng Expo, diharapkan dapat memacu produk lokal agar terus meningkatkan kualitas, kreativitas, dan produktivitas, sehingga mampu menarik calon pembeli dan investor untuk melakukan transaksi dagang dan investasi di Kalteng.
 
Mendorong para pelaku usaha UMKM dan IKM untuk terus mengikuti perkembangan zaman dan permintaan pasar, serta meningkatkan inovasi dan nilai tambah produk, seperti produk ramah lingkungan, produk peduli kesehatan, hingga melahirkan brand atau merk baru, dan Meningkatkan kemampuan dan profesionalisme SDM di sektor jasa, khususnya bidang perdagangan dan investasi, guna mempromosikan potensi daerah Kalteng.
 
“Kita harapkan bersama, rangkaian kegiatan Kalteng Expo 2024 ini dapat berlangsung lancar, sukses, dan berjalan lebih baik, khususnya peningkatan nilai transaksi produk-produk yang dipamerkan, serta manfaat terhadap kemajuan para pelaku UMKM dan IKM Kalimantan Tengah di tengah persaingan pasar global,” kata Wagub.
 
Dengan partisipasi aktif seluruh peserta Kalteng Expo, ia yakin langkah upaya kita bersama akan memberikan hasil nyata, dan berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian daerah Kalteng dan Nasional, terutama dalam menumbuhkan ekonomi kerakyatan dan UMKM lokal.
 
Selanjutnya, Wagub juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia penyelenggara, peserta, dan semua pihak yang mendukung penyelenggaraan Kalteng Expo Tahun 2024 ini, termasuk juga Event Organizer CV Sola Gracia, EO lokal yang terdiri dari kawula muda Kalteng.(MMC/Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait