Kades Diminta Tahu Tugas Dan Kewajiban

Ketua DPRD Gumas,Gumer(kiri)dalam sebuah kegiatan Dewan beberapa waktu didampingi Sekda Yansiterson(tengah)dan Waket DPRD Punding S Merang(kanan).(Foto/Novri JK Handuran)

Bacaan Lainnya

Kuala Kurun,Media Dayak

      Kepala desa(Kades)di Gunung Mas(Gumas)kembali diingatkan ketua DPRD Gumas,Gumer,untuk tahu tugas dan kewajibannya.Tidak hanya Kades,perangkat desa lainnya serta BPD(Badan Permusyawaratan Desa)juga sama.

“Kalau mereka tahu dan memahami apa yang menjadi tugas,pokok dan fungsinya dan  bersinergi dalam bekerja membangun desa,tidak akan ada masalah,” kata Gumer,Minggu(16/12)

“Pembangunan didesa akan  berjalan baik dan anggaran pembangunan pun terserap sesuai peruntukkannya,” tambah Politikus PDIP itu.

Dijelasnya,tugas Kades adalah menyelenggarakan pemerintahan desa,melaksanakan pembangunan desa, melaksanakan pembinaan masyarakat desa dan memberdayakan masyarakat desa.

“Bagaimana dengan  BPD.Ya fungsi mereka adalah membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa,menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa,”tegasnya.

BPD sebut Gumer,  adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa.

“Makanya antara Kades dan BPD harus baik baik,agar pembangunan didesa berjalan lancar.Pergunakan DD dan ADD dengan bijaksana,sesuai aturan,demi kemajuan desa,” tukasnya.

Kemungkinan naiknya DD tahun depan,wakil rakyat dapil tiga itu minta Kades untuk memahami dan mentaati aturan yang ada,tidak bekerja berdasarkan pemahaman dan selera pribadi.

“Bekerjalah sesuai aturan yang sudah ada,kesampingkan kepentingan pribadi,jangan masuk bui hanya karena melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan,” pungkasnya.(Nov/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *