Herson Sampaikan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2023

Pj Bupati Gumas Herson menyerahkan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Gumas TA 2023 kepada Ketua DPRD Gumas Akerman Sahidar didampingi Waket I DPRD Binartha dan Waket II Neni Yuliani pada Rapat Paripurna ke-1 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2024 di Ruang Sidang Paripurna DPRD Gumas, Rabu (19/6). (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Penjabat (Pj) Bupati Gunung Mas (Gumas) Herson B.Aden menyampaikan pidato pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Gumas Tahun Anggaran (TA) 2023 pada Rapat Paripurna ke-1 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2024 di Ruang Sidang Paripurna DPRD Gumas, Rabu (19/6).

“Sesuai peraturan dan mekanisme yang berlaku kepala daerah wajib menyampaikan ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD dengan dilampiri laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan serta ikhtisar laporan kinerja dan laporan keuangan BUMD paling lambat 6 (enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir,” kata Herson.

Ia menegaskan,ranperda yang disampaikan wajib dibahas bersama dengan ketua, wakil ketua, dan anggota dewan yang terhormat untuk mendapat persetujuan bersama, di mana pada akhirnya nanti dapat segera ditetapkan menjadi perda, sebagai wujud legitimasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan sepanjang tahun 2023, baik dalam bidang pemerintahan, pembangunan, maupun pembinaan kemasyarakatan.

“Pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah atas pelaksanaan APBD dalam masa 1 tahun anggaran berupa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang disusun dan disajikan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan yang terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Catatan atas Laporan Keuangan,” tuturnya.

Mantan Dekan Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya dan Kepala Bappeda Provinsi Kalteng itu selanjutnya memaparkan panjang lebar dan komprehensif gambaran secara umum terkait realisasi APBD Gumas TA 2023.

“Semoga ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023 yang kami sampaikan pada hari ini, selanjutnya dapat dibahas dan disepakati dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ujar Herson mengakhiri.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Gumas Akerman Sahidar didampingi Waket I DPRD Binartha dan Waket II Neni Yuliani. Dihadiri perwakilan unsur forkopimda, Sekda Richard, Asisten Setda Gumas, kepala perangkat daerah dan beberapa pejabat eselon III serta tamu undangan lainnya. (Nov/Aw)

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait