DPRD Dukung Pemkab Bantu Dana Kuliah Untuk 200 Masyarakat

Anggota Dewan DPRD Kabupaten Katingan, Rudi Hartono S Sos.(Media Dayak/Ist)
Kasongan, Media Dayak 
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Rudi Hartono S Sos menyatakan dukungannya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan tentang program bantuan dana perkuliahan untuk 200 masyarakat Katingan yang lulus dari bangku Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) tahun ajaran 2023/2024 ini. Pernyataannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Jum’at siang (3/5/2024), di kantor Sekretariat DPRD setempat. 
Pasalnya’ bantuan tersebut menurut Rudi, sangat bermamfaat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya masyarakat Kabupaten Katingan. Terutama masyarakat di pedesaan yang sangat antusias untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, namun kurang mampu.
Bahkan legislator Partai Golkar ini berharap, tidak hanya untuk tahun 2024 ini saja program bantuan tersebut, tapi bisa berlanjut setiap tahunnya. Jika  bisa dianggarkan sekitar Rp 3,5 miliar untuk 200 siswa lulusan SLTA pertahunnya, maka 10 tahun kemudian, Katingan akan menelorkan 2.000 orang sarjana Starta (S1) dari berbagai keilmuan. “Dari 2.000 sarjana ini lah saya yakin mampu untuk membangun 161 Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Katingan ini lebih maju dan lebih sejahtera,” katanya. 
Sehubungan dengan bantuan tersebut, dirinya berharap kepada masyarakat yang dibantu tersebut agar menggunakan sebaik mungkin. Sehingga, bukan hanya bermamfaat untuk menyelesaikan perkuliahannya saja. Tapi, dapat pula mengimplementasikan ilmunya untuk masa depan. “Baik dimamfaatkan untuk bekerja sebagai pegawai negeri, swasta maupun menjadi wirausaha,” ujarnya. 
Kita, lanjutnya, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, niatnya sebenarnya bukan untuk menjadi pegawai negeri, tapi untuk menimba ilmu sebaik mungkin. Dan ilmu yang didapat itu lah yang bisa kita jadikan modal untuk bekerja. “Apapun jenis pekerjaannya yang penting halal, berguna bagi agama, nusa dan bangsa serta berguna pula bagi daerah serta masyarakat umum,” terang anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini.
Di tempat terpisah, sebelumnya Pj Bupati Katingan Saiful mengungkapkan kepada sejumlah awak media, bahwa Pemkab Katingan pada tahun 2024 inj sudah menganggarkan sebesar Rp 3,5 miliar dana untuk membantu pendidikan masyarakat Katingan yang tamatan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang berkeinginan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. (Kas/Lsn)
 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait