DPMD Akan Dorong Peningkatan SDM Kades dan Perangkat Desa

Foto:Foto bersama usai Sertijab Kepala DPMD Murung Raya.

Puruk Cahu, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Murung Raya, yang dilaksanakan di Aula kantor DPMD setempat, Kamis (23/2/2023).

Kepala DPMD sebelumnya di jabat oleh Donal, kini berpindah ke kepemimpinan kepada Lynda Kristiani Perdie setelah dilantik oleh Bupati Murung Raya pada tanggal 8 Februari 2023 lalu.

Kepala DPMD yang baru Lynda Kristiani Perdie menyampaikan beberapa program kerja kedepan termasuk memberikan sosialisasi dan memberikan peningkatan tentang kapasitas perangkat desa.

“kita akan melakukan pelatihan dan pendampingan kepada perangkat desa. Sebab, jika hanya diberikan pelatihan saja tidak cukup, harus ada pendampingan entah itu melalui pendamping desa atau ada orang khususnya di gajih dari dana desa tersebut,”beber Lynda.

Lebih lanjut dia, bagaimana kedepan tugas DPMD ini mencerdaskan perangkat desa terutama para kepala desa dengan upaya pendampingan dan pelatihan untuk meningkatkan sumberdaya manusia (SDM).

“Harapan saya kedepan kepala desa dan lembaga desa lainnya itu akan aktif. Karena masalah kesejahteraan masyarakat ini tergantung siapa yang memimpin desanya, kalo Kadesnya tidak cerdas sampai kapanpun masyarakat ini tidak akan sejahtera,”ujarnya.

Sementara Kepala DPMD yang lama, Donal mengucapkan terima kasih atas dukungan para pejabat Sekretaris maupun bidang-bidang khususnya pegawai dilingkup DPMD yang telah bekerjasama dengan baik selama ini.

“Banyak tantang selama saya menjabat selama enam bulan delapan hari disini. Yang pertama terkait peningkatan Monitoring Center for Prevention¬†atau Pusat Pemantauan Pencegahan (MCP) yang awalnya 10 persen kini meningkat menjadi 89 persen,” Jelas Donal.

Dikatakan Donal, bahwa mulai sejak bulan Januari lalu pihaknya sudah melakukan kick off Pilkades, kick off Dana Desa dan kick off APBDes.

“Mungkin ada beberapa tugas kami yang masih belum selesai. Saya harapkan, kepada pemimpin yang baru dapat melanjutkan program yang masih belum tuntas serta bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat kedepannya,” ungkap Donal.

Sertijab itu dihadiri Asisten III Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Murung Raya, Bimo Santoso menghadiri.(LS/Lsn)

 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait