Dewan sebut ada PBS Yang Tidak Mau Menampung Buah Sawit Masyarakat

Nadie Enggon

Sampit, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Anggota DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Nadie Enggon, menyebutkan, masih ada perusahaan besar swasta yang tidak mau membeli buah sawit milik masyarakat.”Kondisi ini tentunya tidak berpihak kepada petani lokal. Saat ini masyarakat sudah banyak berkebun sawit,” katanya.

Karena itu pemerintah daerah harus bisa memberikan solusi, salah satunya dengan mewajibkan perusahaan perkebunan kelapa sawit menerima buah sawit milik petani. “Artinya pemerintah sekarang mesti menjamin pasar buah milik masyarakat, jangan dibiarkan karena merugikan masyarakat padahal di kotim petani yang memiliki kebun sawit banyak,” ungkapnya.

Nadie juga menegaskan agar perusahaan saat seperti ini juga menyadari bahwa petani memang harus dibantu. Karena tidak ada tempat lain lagi mereka menjual buah tersebut. “Kita harus dukung petani dan juga investor, keduanya harus saling bersinergi agar tercipta ekonomi yang seimbang. Jangan sampai buah milik masyarakat membusuk di pohon karena ulah perusahaan yang tidak pro kepada petani untuk menyerap hasil perkebunan warga,” kata dia.

 Dengan kondisi terkini masyarakat hanya bergantung di usaha perkebunan. Komoditas lain tidak bisa diandalkan baik itu rotan maupun karet.

“Karena itu pemerintah perlu ada intervensi pasar guna memastikan harga buah petani itu dalam batas kewajaran,”demikian Nadie. (Emy/Rsn)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.