Dewan : Kita Perlu Penguatan Program Ketahanan Pangan

Anggota DPRD Provinsi Kalteng Lohing Simon .(Media Dayak/DPRD Kalteng)
Palangka Raya, Media Dayak 
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalteng Lohing Simon, meminta pemerintah daerah di wilayah ini, untuk memperkuat program ketahanan pangan.
 
Permintaan ini muncul mengingat pentingnya ketahanan pangan dalam memastikan ketersediaan bahan makanan yang cukup, berkualitas, dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Kalteng.
 
Ia menegaskan bahwa program ketahanan pangan harus menjadi prioritas utama dalam kebijakan pemerintah daerah di Bumi Tambun Bungai.
 
“Lantaran, ketahanan pangan merupakan kunci utama dalam menjaga stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Kami meminta pemerintah provinsi untuk mengalokasikan anggaran yang memadai dan melakukan langkah-langkah strategis guna memperkuat sektor pertanian dan perikanan,” ujarnya, Sabtu (6/7/2024)
 
Sektor pertanian dan perikanan di Kalteng memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Namun, masih terdapat berbagai tantangan yang harus dihadapi, seperti kurangnya akses terhadap teknologi pertanian modern, minimnya infrastruktur pendukung, serta terbatasnya akses pasar bagi para petani dan nelayan lokal. 
 
Dewan Kalteng menekankan perlunya kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam mengatasi berbagai kendala tersebut.
 
Selain itu, ia menyoroti pentingnya pendidikan dan pelatihan bagi petani dan nelayan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen. 
 
“Peningkatan kapasitas sumber daya manusia di sektor pertanian dan perikanan sangat penting. Dengan memberikan pelatihan yang tepat, kita dapat membantu petani dan nelayan untuk mengadopsi teknologi baru dan metode yang lebih efisien,” tambahnya.
 
Lohing berharap dengan penguatan program ketahanan pangan, Kalteng dapat menjadi daerah yang mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakatnya serta berkontribusi dalam mendukung ketahanan pangan nasional, hingga dapat mendukung ketahanan pangan di IKN (Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait