Bupati Seruyan Perintahkan Dinas Teknis Tanganan Banjir Tanggul Harapan

Bupati Seruyan Yulhaidir di dampingi Wakil Bupati Hj Iswanti saat menyapa anak anak korban banjir di desa Tanggul Harapan saat mengunjungi desa setempat. (Media Dayak/Fahrul)

Kuala Pembuang,Media Dayak

Bacaan Lainnya

Meluapnya sungai Seruyan membuat warga  Desa Persiapan Tanggul Harapan  Kecamatan Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan tidak bisa tidur dengan nyenyak, pasalnya seluruh kawasan desa ini terendam banjir yang memaksa sebagian warga harus mengungsi dan mendiami tenda tenda yang didirikan Dinas Sosial Seruyan.

Berdasarkan data yang ada 16 kepala keluarga,sangat terdampak akibat banjir yang melanda unit pemukiman transmigrasi yang di kenal dengan sebutan unit 5 ini, sehingga harus tidur pada empat buah tenda besar yang didirikan Dinas Sosial bersama BPDB setempat.

Bupati Seruyan Yulhaidir bersama Wakil Bupati Hj Iswanti dan dinas terkait, Senin (31/12) mengunjungi Tanggul Harapan guna melihat dampak banjir yang terjadi sekaligus menyerahkan bantuan mulai beras hingga kelengkapan lainnya untuk warga yang memerlukan.

Pada kesempatan itu, Bupati Seruyan Yulhaidir memberikan semangat kepada warga yang terkena dampak banjir yang hampir setiap tahun terjadi akibat tingginya intensitas hujan dan bertambahnya debit air sungai Seruyan.

“Semua warga harus tetap semangat,mudah mudahan air cepat surut dan Pemkab Seruyan akan terus memperhatikan keperluan warga,termasuk nantinya penanganan pasca banjir,” terang Bupati.

Di tempat yang sama, Yulhaidir meminta kepada dinas teknis seperti Dinas Pekerjaan Umum Seruyan, untuk melakukan kajian secara teknis,untuk kawasan desa persiapan Tanggul Harapan guna penanganan selanjutnya agar desa tersebut terbebas dari langganan banjir.

“Dinas teknis tolong cari cara agar desa ini tidak menjadi langganan banjir,apakah harus di bangun sodetan atau cara lain sehingga kawasan desa ini bebas dari banjir,” perintanya.

Sementara untuk Dinas Pertanian diminta mendata tanaman-tanaman yang gagal panen akibat banjir dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membantu warga pasca banjir nantinya.(Rul/aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *