Anggota DPRD Barut Harapkan Petani Tingkatkan Hasil Produksi Pertanian

Iqbal Reza Erlanda

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui Dinas Pertanian setempat terus berupaya membuka lahan pertanian di wilayah Kabupaten Barito Utara, baik padi sawah maupun lahan padi ladang. Hal ini untuk meningkatkan hasil produksi padi sawah.

Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Iqbal Reza Erlanda, Kamis (20/6/2024) di Muara Teweh mengatakan, saat ini lahan pertanian di wilayah Barito Utara terutama lahan padi sawah terdapat di beberapa Kecamatan, seperti Kecamatan Teweh Tengah, Kecamatan Teweh Selatan, Kecamatan Gunung Timang, Kecamatan Teweh Baru dan Kecamatan Gunung Timang.

“Dengan adanya luasan lahan padi sawah di beberapa kecamatan itu diharapkan dapat meningkat hasil produksi padi para petani di daerah setempat,” kata politisi Partai Demokrat Barito Utara ini, Kamis (20/6/2024) di Muara Teweh.

Dijelaskannya, lahan pertanian terutama lahan padi sawah dan poadi ladang tersebut juga memerlukan anggaran yang cukup tertutama untuk pemeliharan jaringan irigasi dan keperluan untuk menunjang hasil pertanian.

Dan untuk menunjang produksi pertanian tersebut juga diperlukan anggaran banyak untuk pembangunan jalan usaha tani (JUT), irigasi dan pengadaan bibit serta pupuk untuk mencukupi kebutuhan petani.

“Dengan anggaran yang besar harus diimbangi dengan hasil yang lebih baik. Kita berharap dengan anggaran yang besar hasil pertaniannya juga diharapkan sesuai dengan apa yang sudah petani laksanakan,” kata Iqbal Reza Erlanda.

Dirinya juga mengharapkan dengan hasil yang dicapai bisa Barito Utara bisa swasembada pangan di daerah ini. Hal ini juga sesuai dengan harapan Pemkab Barito Utara dan seluruh masyarakat.

Menurut dia Dinas Pertanian telah dianggaran untuk peningkatan program sarana dan prasarana fisik yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2024 antara lain adalah Jalan Usaha Tani (JUT), irigasi tanah air dangkal, embung penampung air dan pengadaan alat mesin pertanian (Alsintan), pengadaan benih holtikultura dan pengadaan pupuk non subsidi.

“Saya berharap dengan apa yang diprogramkan oleh Dinas Pertanian Barito Utara tersebut bisa berjalan sesuai dengan harapan bersama untuk meningkatkan kesejahteraan para petani,” kata Iqbal.(lna/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait