30 Napi Rutan Polres Gumas Negatif HIV-AID

Kiri: Seorang napi rutan Polres Gumas saat mengeluarkan dahaknya untuk pemeriksaan TB paru.
Kanan: Pengambilan sampel darah napi rutan Polres Gumas untuk pemeriksaan HIV-AIDS.(Foto/Istimewa)

Bacaan Lainnya

Kuala Kurun, Media Dayak

   30 nara pidana (Napi) di rumah tahanan (Rutan) Kepolisian Resor (Polres) Gunung Masdinyatakan negatif HIV-AIDS.

“Itu merupakan hasil dari pemeriksaan sampel darah 30 Napi dalam rangka deteksi dini penyakit Tuberkulosis (TB) paru dan HIV-AIDS yang kita lakukan  di Rutan Polres Gunung Mas,” kata Vera Crista, Kepala Puskesmas Kuala Kurun, Rabu (13/2).

Untuk pemeriksaan TB paru, Vera menyatakan, pihaknya mengambil sampel dahak Napi untuk diperiksa di laboratorioum Puskesmas Kurun yang hasilnya baru bisa diketahui besok (hari ini,red).

Selain deteksi dini TB Paru dan HIV-AIDS, Puskesmas Kurun juga memberikan leaflet dan penyuluhan tentang penyakit TB paru dan HIV-AIDS.

“Yang kami harapkan dari kegiatan ini, mereka memiliki pengetahuan tentang apa itu penyakit TB paru dan HIV-AIDS, sehingga mereka dapat menjaga kesehatan mereka. Apabila hasilnya nanti ada yang positif terkena TB paru, mereka bisa langsung mendapatkan pengobatan di Puskesmas Kuala Kurun secara gratis,” jelasnya.

Vera berharap masyarakat Kuala Kurun dan Gumas umumnya dapat menjaga kebersihan lingkungan dan memiliki pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit TB paru serta tidak melakukan seks bebas supaya tidak terkena HIV-AIDS. “Sehat itu mahal, peliharalah (sehat) sebelum sakit,” kata Vera.(Nov/aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *