Wakil Bupati Barito Timur Buka Festival Budaya Nansarunai Jajaka

BERFOTO BERSAMA – Wakil Bupati (Wabup) Barito Timur (Bartim), Habib Said Abdul Saleh berfoto bersama tamu undangan dan sponsor saat pembukaan Festival Nansarunai Jajaka 2022, Sabtu (20/08/2022) (TL/Media Dayak)

Tamiang Layang, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati (Wabup) Barito Timur (Bartim), Habib Said Abdul Saleh, membuka secara resmi Festival Budaya Nansarunai Jajaka yang didahului dengan upacara adat ngangkat ragam pasiwahan ngenat tamai tatabasan, Sabtu (20/08).

Dalam sambutannya, Wabup menjelaskan, Festival Budaya Nansarunai Jajaka dilaksanakan setiap tahun dan merupakan agenda tetap yang penyelenggaraannya melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Timur.

“Dengan adanya kegiatan festival ini, kita ingin menggugah ingatan dan mengenalkan kembali berbagai kebudayaan dan kesenian yang pernah ada, tumbuh dan berkembang di daerah kita beberapa dasawarsa yang lalu,”katanya.

Wabup juga ingin anak-anak dan generasi muda pada umumnya, dapat kembali mencintai dan menggemari berbagai kesenian dan permainan rakyat sebagai warisan leluhur bangsa.

“Kegiatan seperti ini juga membentengi anak-anak dan generasi muda kita dari berbagai pengaruh budaya yang negatif seraya menumbuhkan kecintaan terhadap budaya sendiri,”imbuhnya.

Wabup juga berharap, Festival Budaya Nansarunai Jajaka menjadi salah satu ajang promosi pariwisata daerah dalam rangka memperkaya atensi pariwisata nasional.

“Kita ingin kesenian dan permainan rakyat dapat menjadi salah satu atraksi dan daya tarik wisata yang pada saatnya nanti tidak saja disenangi wisatawan nusantara tetapi juga disenangi wisatawan mancanegara,”tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Wabup mengimbau semua hadirin dan pihak yang peduli terhadap pengembangan seni budaya agar menyatukan langkah bersama-sama memajukan seni budaya daerah sebagai bagian integral dari pembangunan nasional.

“Keberhasilan kita dalam mengembangkan seni budaya akan sangat ditentukan oleh kepedulian dan kebersamaan kita, baik dari unsur pemerintah, swasta, dunia usaha, maupun masyarakat secara keseluruhan,”katanya.

Pembukaan Festival Nansarunai Jajaka juga dihadiri oleh Ketua GOW dan Ketua TP PKK Barito Timur, Sekretaris Dinas Pariwisata Kalteng, Kepala Disbudparpora, Kepala Disdik, Kepala Disdagkop UKM, Kepala BPKAD, Kapolsek Dusun Timur, perwakilan dari Kodim 1012 Buntok, perbankan, sponsor dari pihak swasta serta tamu undangan lain.

Hari pertama festival diisi dengan lomba bracelet fashion carnaval. Kemudian pada malam hari diisi dengan penampilan tari gelang dari Sanggar Komandan, Pangunraun Jatuh, Ni’ui Gandring, Jamuhala Maleh, Isa Pakat, Erai Pakat dan Sanggar Daya Pakat. (TL/RHF)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait