Waket Komisi I Apresiasi Kinerja Baik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Waket I DPRD Gumas Binartha. (Media Dayak/Novri JKH)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Wakil ketua (Waket) Komisi I DPRD Gunung Mas (Gumas) Polie L Mihing mengapresiasi pengelolaan Perpustakaan dan Kearsipan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Gumas, sehingga tahun 2023 berhasil menerima predikat B (Baik) untuk Indeks Penyelenggara Kearsipan (IPK) dan Indeks Digitalisasi Arsip (IDA) dari Pusat Akreditasi Kearsipan, Arsip Nasional Rebulik Indonesia (ANRI).

 “Kita mengapresiasi kinerja baik yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas sehingga berhasil mendapatkan predikat baik dari ANRI untuk Indeks Penyelenggara Kearsipan dan Indeks Digitalisasi Arsip,” kata Polie, Jumat (3/5/2024).

Wakil rakyat dapil tiga itu berharap DPK dapat terus meningkatkan kinerjanya sehingga tahun 2024 bisa mendapatkan predikat BB (Sangat Baik) dari ANRI untuk IPK dan IDA.

 Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gumas Maria Efianti, mengatakan predikat baik untuk IPK dan IDA dari ANRI yang diterima DPK Gumas merupakan hasil dari capaian Indikator Kinerja yang terus maksimalkan DPK setiap tahun.

 Menurut Maria, untuk Kalteng Indeks Penyelenggara Kearsipan yang memperoleh predikat Sangat Baik (BB) dan Baik (B) dari ANRI hanya lima kabupaten / kota, salah satunya Kabupaten Gumas yang mendapat predikat baik.

Sedangkan Indeks Digitalisasi Arsip, terdapat tiga kabupaten / kota di Kalteng yang memperoleh predikat BB dan B, yakni Kabupaten Kapuas, Kota Palangka Raya dan Kabupaten Gumas mendapatkan predikat B.

 “Kami merasa bangga dan senang terhadap pencapaian ini, dan kami berkomitmen untuk terus memaksimalkan capaian indikator kinerja sehingga Indeks Penyelenggara Kearsipan dan Indeks Digitalisasi Arsip tahun ini bisa mendapatkan predikat sangat baik,” tutur Maria.

Mantan Kadis Kesehatan itu mengapresiasi kinerja semua pegawai DPK Gumas.Dengan kebersamaan, DPK bisa meraih predikat B untuk Indeks Penyelenggara Kearsipan dan Indeks Digitalisasi Arsip dari Arsip Nasional Rebulik Indonesia.

Ia menekankan, pengelolaan kearsipan yang dilaksanakan dengan baik dan benar akan memberikan kemanfaatan yang besar bagi  semua OPD dan masyarakat dalam mewujudkan kemajuan wilayah.

“Arsip yang tidak baik, menyebabkan aset bisa hilang.Kita ingin arsip kita terkelola dengan professional,” ucap Maria. (Nov/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait