Wagub Kalteng Buka Liga Futsal Nasional Babak 36 Besar Nasional

Menandai Pembukaan Liga Futsal Nasional Babak 36 Besar Nasional, Wagub Edy Pratowo menendang bola futsal di gedung Indoor Serbaguna, Jl Tjilik Riwut, Minggu pagi (7/7/2024).(Media Dayak/Biro Adpim)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Kompetisi Liga Futsal Nasional Babak 36 Besar Grup C Men dan Grup G Women resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Edy Pratowo di Gedung Indoor Serbaguna, Jl Tjilik Riwut, Minggu pagi (7/7/2024). 
 
Tendangan bola pertama dari Wagub Edy Pratowo menandai dibukanya kompetisi tersebut, dilanjutkan dengan pertandingan official drawing putri antara Fafage Female Benuang Kalimantan Selatan dan Vasco Lesmana Kalteng 
 
Atas nama Pemprov Kalteng Wagub  menyampaikan apresiasi kepada Federasi Futsal Indonesia yang telah memberi kepercayaan menunjuk Kalteng sebagai tuan rumah Liga Futsal Nusantara babak 36 besar Nasional. 
 
“Kita harapkan bersama kompetisi ini dapat semakin menggeliatkan dan memasyarakatkan olahraga futsal di Bumi Tambun Bungai, yang pada akhirnya akan mengangkat kualitas dan prestasi olahraga futsal di Provinsi Kalteng,” ungkap Wagub. 
 
Lebih lanjut, kompetisi liga futsal secara nasional dengan katagori umur ini, diharapkan dapat menjadi wadah yang tepat untuk mengukur dan mengasah kemampuan para atlet, bukan hanya segi teknik, tetapi juga mental bertanding, sehingga nantinya mampu berprestasi lebih tinggi lagi, membawa harum nama Kalteng di ajang nasional dan bahkan internasional.
 
“Selain untuk berkompetisi, saya juga sangat berharap,kejuaraan Liga Futsal Nusantara kali ini hendaknya dapat kita jadikan sarana, untuk semakin bisa bersilaturahmi dengan sesama atlet Futsal dan memperkuat rasa persaudaraan dan persatuan kita,” ajak Wagub.
 
Sementara itu Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Kalteng Sutoyo, sekaligus penanggungjawab kegiatan, dalam laporannya mengatakan kejuaraan diikuti 5 tim putra yang tergabung di grup C yaitu Vasco Lesmana Lamandau Kalteng, Binaung Muda Kalsel, Arsekon FC Pontianak Kalbar, Futsal Surakarta Wimala Jaya Jawa Tengah dan Orinity FC Palu Sulawesi Tengah. 
 
Sedangkan tim putri tergabung dalam grup G yaitu Vasco Lesmana Kalteng, Fafage Female Benuang Kalsel, dan FC Junior Pontianak, Kalbar. 
 
Pertandingan akan berlangsung dari tanggal 7-12 Juli 2024. Perangkat pertandingan sebanyak 17 orang terdiri medcom, assesor, wasit dan general coordinator yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia. 
 
Sejak dibentuknya kepengurusan AFP Kalteng pada Februari 2024 lalu, asosiasi telah banyak melakukan gebrakan sebagai upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia dan kompetisi di usia dini. Sebelumnya AFP Kalteng telah melaksanakan kursus wasit futsal dan kursus pelatih futsal nasional yang pesertanya berasal dari luar Kalteng juga. Selain itu AFP Kalteng telah sukses menggelar liga futsal regional Kalimantan.  
 
“Kami berharap adanya kompetisi nasional ini kembali menambah gairah olahraga daerah di Kalteng dan meningkatkan semangat untuk latihan dan akademi dan klub futsal di Kalteng,” ucap Sutoyo. 
 
Pembukaan Liga Nasional Futsal juga dimeriahkan penampilan seremonial 29 atlet cabang sepatu roda. (Adpim/Ytm/Lsn)
 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait