Tinjau Vaksinasi Massal Di Sukamara, Yulistra Ivo Minta Masyarakat Disiplin Prokes

Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng saat meninjau langsung pencanangan vaksinasi bagi pelajar usia 12 s/d 17 Tahun dan masyarakat umum di SMK Negeri 1 Sukamara, Rabu (13/10/2021). (Media Dayak/MMC Kalteng)

Sukamara, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Sekretaris Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sugianto Sabran melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sukamara, Rabu (13/10/2021). 

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka pemantauan langsung pelaksanaan vaksinasi dosis kedua bagi pelajar usia 12 Tahun sampai dengan usia 17 Tahun dan masyarakat umum, bertempat di SMK Negeri 1 Sukamara.

Kedatangan Ketua TP-PKK Kalteng di SMK Negeri 1 Sukamara disambut langsung oleh Ketua TP-PKK Sukamara Siti Zulaiha dan Kepala Sekolah SMK N 1 Sukamara. Ketua TP-PKK Kalteng didampingi Kepala perangkat Daerah Provinsi Kalteng terkait.

“Saat ini Pemprov Kalteng menggencarkan program vaksinasi bagi pelajar untuk mendukung persiapan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di Kalteng. Vaksinasi sangat penting untuk melindungi insan pendidikan dan keluarganya dari potensi paparan Covid-19,” ungkap Yulistra Ivo.

Disebutkan Yulistra Ivo salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan melakukan vaksinasi.

“Vaksinasi Covid-19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikan dan memerlukan waktu sekitar satu bulan untuk mencapai imunitas secara maksimal. Penyuntikan pertama dilakukan untuk memicu responss kekebalan dan suntikan kedua untuk menguatkan respon imun yang telah terbentuk,” jelasnya.

Pada sisi lain diungkap Yulistra Ivo program vaksinasi tidak bertujuan untuk membuat seseorang menjadi kebal dan terbebas total dari Covid-19. Vaksinasi juga tidak serta merta menggantikan implementasi protokol kesehatan (Prokes)

“Maka itulah, pelaksanaan vaksinasi harus tetap diiringi dengan disiplin menerapkan Prokes Covid-19 4M dan melanjutkan budaya 3T,” terang Yulistra Ivo.

Kemudian Yulistra Ivo menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Lalu wanita cantik asal Jawa Tengah ini mengajak semua kalangan untuk mendukung tenaga kesehatan dalam melakukan upaya 3T yaitu tracing, testing dan treatment untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 sekaligus sebagai upaya pemulihan pasien positif Covid-19.

“Kita tetap harus disiplin menjaga diri dan bersama-sama merintis terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity di Indonesia,” katanya menambahkan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK meninjau secara langsung pelaksanaan vaksinasi serta melakukan dialog dengan pelajar dan masyarakat umum yang melaksanakan vaksinasi massal. Di SMK Negeri 1 Sukamara, sekitar kurang lebih 500 dosis vaksin disediakan untuk pelajar dan masyarakat umum.(MMC/Ytm/ Lsn)

 

image_print

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.