Tiga Aspek Jadi Fokus Penetapan Indikator RPJMD

Muara Teweh, Media Dayak

     Wakil Bupati Barito Utara (Barut) Sugianto Panala Putra mengatakan ada tiga aspek yang menjadi fokus dalam penetapan indikator pada dokumen RPJMD Kabupaten Barito Utara tahun 2018-2023. Ketiga aspek tersebut yaitu aspek kesejahteraan masyarakat, aspek pelayanan umum dan aspek daya saing daerah.

Bacaan Lainnya

Menurut Wakil Bupati, pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara dengan dukungan seluruh warga masyarakat di daerah ini selama kurun waktu terakhirmengalami peningkatan yang cukup baik, walaupun terdapat beberapa kendala, namun dengan semangat kebersamaan serta dukungan dari berbagai stakeholder semua masalah yang ada dapat diselesaikan.

“Hal ini bukan berarti bahwa pekerjaan kita telah selesai, kedepan masih terdapat pekerjaan besar dalam mewujudkan masyarakat Barito Utara yang sejahtera,” katawa Wabup Sugianto Panala Putra membacakan sambutan Bupati H Nadalsyah saat penyampaian Raperda RPJMD di gedung DPRD Muara Teweh.

Dikatakan Wabup, berbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara sebelumnya, capaian pembangunan melalui indokator makro pembangunan mulai tahun 2013 sampai 2017 yakni pertama, pertumbuhan ekonomi tahun 2013 sebesar 7,04 persen menurun di tahun 2014 menjadi 4,20 persen. “Hal ini sebagai dampak dari anjloknya harga batu bara pada tahun 2014, dan penurunan ini terjadi di semua daerah di Kalimantan Tengah pada waktu itu,” terangnya.

Pertumbuhan ekonomi tahun 2015, lanjutnya, mulai meningkat sebesar 5,29 persen  terus meningkat hingga pada tahun 2017 menjadi 6,01 persen. Kedua, RDPB per kapita ADHK ditahun 2013 sebesar Rp41,39 juta, meningkat ditahun 2017 menjadi Rp49,2 juta. Ketiga, indeks pembangunan manusia (IPM) tahun 2013 sebesar 62,12 meningkar ditahun 2017 menjadi 69,07. Keempat, angka kemiskinan tahun 2013 sebesar 5,98 persen menurun ditahun 2017 menjadi 5,21 persen.

Selain itu, dibidang pengelolaan keuangan daerah, telah empat kali memperoleh opini WTP berturutturut pada tahun 2014-2017.Namun, berbagai capaian ini jangan membuat kita terlena, masih banyak tugas dan tanggung jawab kita sebagai abdi msyarakat dalam rangka mewujudkan kesejehteraan yang merata di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

“Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk saling bersinergi dalam mensukseskan program-program pembangunan yang kita laksanakan selama lima tahun kedepan. Seluruh tahapan pembangunan lima tahunan ini harus dilakukan secara terintegrasi dengan semua sektor pembangunan sebagai satu kesatuan utuh, sehingga apa yang dicita-citakan yaiitu masyarakat Barito Utara yang religius, mandiri, sejahtera dapat terwujud dalam kurun waktu lima tahun kedepan,” pungkasnya.(lna/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *