Sinergitas Antar Institusi Pastikan Penyelenggara Pilkada Berjalan Aman

Oleh : Dhita Karuniawati )*

Pesta demokrasi untuk memilih pemimpin daerah atau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sebentar lagi akan dilaksanakan secara serentak pada 27 November 2024 di sejumlah wilayah yang ada di Indonesia. Agenda ini tidak dapat terselenggara dengan baik tanpa kerja sama dari seluruh elemen masyarakat, termasuk institusi atau lembaga yang ada. Oleh karena itu, sinergitas antar instansi sangat diperlukan guna memastikan Pilkada 2024 dapat berjalan aman.
Pelaksanaan Pilkada sudah diatur berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi UU. Pelaksanaan Pilkada diatur Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan dibantu Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).
Berbagai kegiatan dilakukan oleh sejumlah instansi untuk mempersiapkan pelaksanaan Pilkada 2024 agar aman dan lancar. Salah satunya yakni Kepolisian Resor Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Kodim 0729/Bantul menggelar olahraga bersama guna mempererat silaturahmi dan meningkatkan sinergitas antara kedua institusi negara tersebut menjelang pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.
Kapolres Bantul AKBP Michael R. Risakotta mengucapkan terima kasih atas sinergitas yang selama ini terjalin antara Polres, Kodim dan Brimob atas pengamanan Pemilu 2024. Banyak kontribusi yang telah dilakukan sehingga Polres Bantul dapat melaksanakan pengamanan Pemilu yang lalu dengan baik, sehingga situasi di Kabupaten Bantul hingga saat ini dalam situasi kondusif.
Kapolres Bantul juga meminta Babinsa dan Bhabinkamtibmas di tingkat bawah, agar selalu bersinergi dengan meningkatkan komunikasi dan koordinasi dalam melaksanakan tugas, karena komunikasi antar pihak adalah hal yang penting. Dengan begitu permasalahan, saran, kritik, masukan, dapat diterima dan didiskusikan serta mendapatkan solusi yang terbaik.
Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif SH., M.Hum turut memberikan tanggapannya terkait Pilkada 2024 dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Maluku yang digelar di aula Santika Hotel, Kota Ambon. Rakor yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku ini membahas kesiapan pemerintah daerah dalam mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah-Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.
Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif meminta seluruh unsur Forkopimda Maluku dan seluruh pejabat terkait di wilayah Maluku harus sinergi, solid, dan netral. Ini untuk menjamin Pilkada berjalan dengan aman dan damai, serta menghasilkan kepala daerah yang berkualitas di Maluku.
Di sisi lain, Kapolda juga menyampaikan bahwa dalam politik semua bisa berjalan dengan dinamis. Perbedaan dalam politik itu biasa dan selalu dinamis, yang utama adalah agar semua pihak memberikan pembelajaran politik santun, sejuk dan cerdas kepada masyarakat. Merajut kebersamaan dan persaudaraan dalam persatuan serta kesatuan harus tetap dijaga untuk membangun Maluku.
Menjelang pesta demokrasi di Maluku, Kapolda kembali mengingatkan kepada personel Polri, TNI dan Pemda agar selalu dapat berkolaborasi dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif. Hal ini sangat penting dilakukan agar pelaksanaan Pilkada Maluku dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Irjen Latif berharap kepada penyelenggara Pilkada agar dapat memastikan kesiapan personelnya sesuai Protap yang ada untuk meminimalisir adanya komplain di lapangan akibat anggota yang tidak paham. Pihaknya juga meminta agar memastikan logistik Pemilu tetap aman dan dalam pendistribusiannya di lapangan juga dapat berjalan lancar serta cepat.
Sementara itu, demi keamanan dan kenyamanan selama pelaksanaan Pilkada serentak 2024, Polresta Malang Kota juga menggandeng Forkopimda setempat untuk mengadakan melaksanakan kegiatan simulasi pengamanan kota (Sispamkota). Ini dilakukan dalam rangka menghadapi kontijensi wilayah Kota Malang. Sispamkota ini dilaksanakan di Balaikota Malang yang diikuti oleh 500 personel, baik dari TNI – Polri, Satpol PP, KPU, dan Bawaslu.
Kapolresta Malang Kota Kombes Budi Hermanto mengatakan bahwa sinergitas ini merupakan hal yang baik dan kuat, terutama untuk mempersiapkan pengamanan Pilkada yang kondusif.
Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengurangi atau mengantisipasi potensi kerawanan yang bisa sewaktu-waktu terjadi khususnya pada pelaksanaan Pemilu. Dengan adanya Sispamkota ini diharapkan bahwa seluruh personel gabungan dari satuan yang terlibat sudah siap dengan strategi yang dimiliki saat terjadinya hal yang tidak terduga.
Polresta Malang Kota yang bersinergi dengan satuan terkait berharap agar terus membangun komunikasi yang baik untuk terus bisa memprediksi terjadinya hal buruk karena ini semua untuk menciptakan Kota Malang yang kondusif.
Komitmen berbagai instansi yang bersinergi untuk mempersiapkan kelancaran Pilkada 2024 patut diapresiasi oleh semua pihak. Dengan kerja sama yang baik ini, Pilkada 2024 dipastikan akan berjalan aman dan segala potensi masalah dapat diantisipasi semaksimal mungkin. Untuk itu, seluruh masyarakat juga perlu turut serta mendukung upaya para instansi dalam memastikan Pilkada 2024 agar berjalan aman dari mulai persiapan hingga akhir pelaksanaan. Mari kita sambut gelaran pesta demokrasi untuk memilih para pemimpin daerah yang berkualitas guna keberlanjutan pembangunan nasional, khususnya di wilayah setempat.

Bacaan Lainnya

)* Penulis adalah Kontributor Lembaga Studi Informasi Strategis Indonesia

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait