Seluruh OPD Maksimalkan Penyerapan Anggaran

 

MENGIKUTI – Wakil Bupati (Wabup) Barito Timur (Bartim), Habib Said Abdul Saleh, saat mengikuti Video Conference tentang Kike Off dengan Gubenur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran di ruang rapat Bupati Bartim, belum lama ini. (Foto/Media Dayak/Rhf)

Bacaan Lainnya

Tamiang Layang,Media Dayak

 Wakil Bupati (Wabup) Barito Timur (Bartim), Habib Said Abdul Saleh, meminta kepada seluruh Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Daerah untuk memaksimalkan dalam penyerapan anggaran tahun 2019, sesuai target yang sudah di tentukan atau dipatok.

“Setiap OPD sudah mengetahui target serapan anggaran setiap triwulan setelah menerima Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) aka rencana kegiatan harus terukur agar target penyerapan anggaran dapat terlaksana,“kata Wabup kepada sejumlah Wartawan di Tamiang Layang, belum lama ini.

Wabup juga meminta OPD yang akan melaksanakan program kegiatan dengan pihak ketiga, terutama yang berkaitan dengan pembangunan fisik, agar membuat perencanaan atau jadwal kegiatan untuk proses lelang sesuai dengan Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang sudah masuk ke dalam system RUP tahun 2019.

Saat ini memang ada sejumlah OPD yang mengumumkan rencana umum pelelangan yang sedang melakukan proses awal pengadaan barang dan jasa,mulai dari pemaketan,pemyusunan dan pengumuman RUP.

Bagi OPD yang masih belum melaksanakan ujar Wabup, hendaknya segera menyusun target rencana umum pelelangan pada bulan Januari ini ke dalam System Informasi Rencana Umum Pelelangan (SIRUP)

Penyerapan anggaran dari masing masing perangkat daerah, lanjut Wabup, benra benar dioptimalkan, hal  itu bertujuan agar mengurangi terjadinya sisa lebih perhitungan anggaran dari APBD di tahun 2019.

Terlaksananya penyerapan anggaran yang baik dan terukur ,agar pembangunan yang dilaksanakan sesuai jadwal dan bisa menciptakan efesiensi dan efektifnya anggaran yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Hal itu juga sudah disampaikan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melalui Video Conference tentang kike off penandatangan pengadaan barang dan jasa agar pelaksanaan pembangunan berjalan serentak,“katanya.

Dengan harapan tambah Wabup demi terwujudnya Barito  Timur, sehat cerdas dan sejahtera, dengan pemerintahan yang amanah. (Rhf)

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *