Sekda Kalteng Serahkan 35 Ekor Sapi dan Gratiskan 1600 Paket Bapok di Buntok

Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin saat menyerahkan secara simbolis bantuan hewan kurban, Kamis (13/6/2024)(MMC Kalteng)

Buntok, Media Dayak 

Menyambut Iduladha 1445 Hijriah, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Nuryakin menyerahkan sapi kurban sebanyak 35 ekor di wilayah Pemkab Barito Selatan. Penyerahan sapi dilakukan bersamaan dengan digelarnya pasar murah Kalteng Berbagi Berkah di Taman Iring Witu Buntok, Kamis (13/6/2024).
 
“Keinginan kita semua di Pemprov, keinginan Bapak Gubernur serta pemerintah kabupaten, bagaimana pemerintah bisa hadir ditengah-tengah masyarakat. Hadir dalam artian membantu, mempermudah urusan-urusan masyarakat,” ucap Sekda Nuryakin saat membuka pasar murah.
 
Nuryakin mengungkapkan bahwa Gubernur di setiap kesempatan selalu mengatakan jangan sampai ada satu orang pun masyarakat yang kelaparan dan sakit. “Kita akan mengupayakan bantuan-bantuan yang bisa meringankan beban masyarakat,” tuturnya.
 
Ia menambahkan, pasar murah ini digelar sekaligus untuk menekan inflasi di wilayah Kalteng. Dikatakannya, menjelang hari besar keagamaan harga bahan pokok (Bapok) seringkali mengalami kenaikan sehingga daya beli masyarakat berkurang serta dapat menimbulkan inflasi.
 
“Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri menginstruksikan agar segera melakukan pasar murah,” imbuhnya.
 
Disampaikan Sekda, pada Pasar Penyeimbang ini disediakan 1600 paket Bapok senilai Rp192.500,-, masing-masing paket berisikan beras 10 kg dan minyak goreng 1 liter. Paket Bapok disubsidi oleh Pemprov sebesar Rp172.500,- sehingga masyarakat hanya membayar sebesar Rp20.000,- per paket. 
 
Kemudian, kembali di subsidi oleh Sekda provinsi Kalteng maka bantuan sembako tersebut dapat diperoleh masyarakat secara gratis. Dalam kegiatan tersebut, disediakan Gas LPG 3 kg dengan harga tebus Rp20.000,-,  dengan syarat membaca fc KTP dan membawa tabung kosong.
 
Selanjutnya, Nuryakin menambahkan, terkait bantuan sapi sebanyak 35 ekor nantinya akan dibagikan ke tiap Kecamatan dan Masjid terpilih di wilayah Kabupaten Barito Selatan. Tidak hanya dari provinsi, tentunya pemerintah kabupaten pun juga akan bersinergi,” pungkasnya.
 
Sekda Kabupaten Barito Selatan Eddy Purwanto pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan tersebut.
 
“Ini luar biasa, kegiatan ini sudah dilaksanakan berkali-kali. Kami sangat berterima kasih kepada Pemprov yang telah memberikan perhatian yang luar biasa kepada kami,” tutur Eddy Purwanto.
 
Eddy juga mengungkapkan rasa terima kasih karena pasar murah ini diselenggarakan di 3 (tiga) Kecamatan Kabupaten Barito Selatan diantaranya Gunung Bintang Awai, Dusun Selatan dan Jenamas.(MMC/YM/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait