Satlantas Edukasi Keselamatan Berlalulintas Kepada Anak-anak

Sejumlah personil Satlantas Polres Katingan saat memberikan edukasi keselamatan dalam menjalankan kendaraan bermotor kepada anak-anak di sekitar jalan Tjilik Riwut kilometer 15,5 desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir, Sabtu pagi (4/5/2024) lalu.(Media Dayak/Ist)
 
Kasongan , Media Dayak 
 
Jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Katingan lakukan edukasi tentang keselamatan berlalu lintas kepada anak-anak yang sedang berkumpul di sepanjang jalan Tjilik Riwut kilometer 15,5 desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan, Sabtu (4/5) kemaren.
 
Adapun tujuan dari edukasi keselamatan berlalulintas ini menurut Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana, yang disampaikan oleh Kasat Lantas setempat AKP Hariyanto merupakan bagian dari program Satlantas setempat “Guna memperkenalkan rambu-rambu dan tertib berlalulintas pada anak sejak dini,” katanya. 
 
Hal ini menurutnya, sesuai dengan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas Angkutan Jalan (LAJ) serta pandangan keselamatan dalam berlalu lintas.
 
Dalam kegiatan tersebut sejumlah personil Satlantas menurutnya, selain memberikan pemahaman tentang rambu-rambu lalulintas, juga tentang sejauh mana terkait penggunaan kelengkapan kendaraan bermotor saat berkendaraan. “Baik menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat serta kendaraan bermotor jenis lainnya,” terangnya, seraya menyebutkan kelengkapan berkendaraan selain menggunakan helm bagi pengendara roda dua, menggunakan sabuk pengaman bagi pengendara roda empat, juga mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang masih berlaku. 
 
Hal ini dilakukan menurutnya, sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang keselamatan berlalu lintas bagi kalangan anak-anak sejak usia dini. Sehingga, ketika sudah mencapai usia 17 tahun ke atas, mereka sudah memahaminya dalam menjalankan kendaraan bermotor dengan baik dan selalu taat aturan. Termasuk, dalam menjaga keselamatan berlalulintas.
 
Selanjutnya, melalui edukasi keselamatan ini, dirinya berharap dapat terciptanya generasi yang lebih peduli dan patuh terhadap aturan berlalu lintas. “Sehingga ke depannya, dapat mengurangi serta menekan angka risiko kecelakaan di jalan raya,” pungkasnya. (Kas/Lsn)
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait