Polri Memerlukan Dukungan Satpam

Kapolres Gumas AKBP Yudi Yuliadin SIK,MSi (kanan) bersama Dandim 1016/PLK, Letkol Czi Chandra Adibrata (kiri) didampingi dua orang Satpam pada syukuran HUT Satpam ke 38 di aula Patria Tama, Polres Gumas, Kamis (3/1). (Foto/Novri JK Handuran)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

   Menghadapi kompleksitas tantangan saat ini, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyatakan, Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk satuan pengamanan (Satpam).

“Satuan pengamanan memiliki peran strategis, baik dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas di lingkungan kerja maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif sebagai salah satu perhatian pemerintah guna memacu pertumbuhan ekonomi,” kata Tito dalam sambutan tertulisnya dibacakan Kalpolres Gunung Mas (Gumas) AKBP Yudi Yuliadin pada upacara hari ulang tahun ke 38 Satpam di halaman Polres Gumas, Kamis (3/1).

Kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam pemeliharaan Kamtibmas, lanjut Tito, dituntut semakin profesional. Dalam implementasinya, personel Satpam harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan cepat serta melaporkannnya kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah langkah antisipasi.

“Eksistensi Satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan masing-masing,” ujarnya.

Menurut Tito, untuk mewujdukan postur Satpam yanh semakin unggul dan profesional, diperlukan sistem manajemen sumber daya manusia yang optimal, diantaranya proses perekrutan yang selektif serta peningkatan kapasitas yang berkualitas, baik pada kualifikasi gada pertama, gada madya, maupun gada utama.

“Upaya ini membutuhkan kerjasama sinergis dan simultan dari segenap pemangku kepentingan yang berkecimpung dalam bidang industrial security,” ucapnya.

Diapun minta Satpam menjaga kehormatan pribadi dengan berpegang teguh pada kode etik dan profesi Satpam serta melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab dan senantiasa meningkatkan kompetensi diri,baik melalui pendidikan maupun pelatihan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas. (Nov)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *