Penuhi Kebutuhan Masyarakat akan Air Bersih, Warga Sukamara Berharap Pemerintah Bangun Dan Kelola Danau Tempenek

Foto – Tim Reses DPRD Kalteng, pada saat menyerap aspirasi masyarakat di wilayah Dapil III, meliputi Kabupater Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara, belum lama ini.(Dayak Pos/Novan)

Bacaan Lainnya

Palangka Raya, Media Dayak

     Berdasarkan aspirasi yang disampaikan langsung oleh masyarakat, DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta agar Danau Tempenek yang terletak  di Kabupaten Sukamara, dapat dikelola oleh pemerintah. Sehingga kedepan danau tersebut bisa berfungsi sebagai sarana pemenuhan kebutuhan air bersih untuk masyarakat setempat.

Menurut Anggota DPRD Kalteng Hj Nataliasi, dalam reses masa persidangan III tahun sidang 2018, yang dilangsungkan pekan lalu, pihaknya banyak menerima aspirasi dari masyarakat dari daerah pemilihan (Dapil) III, meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara.

Berbagai aspirasi yang disampaikan pihak pemerintah Kabupaten, Kecamatan maupun yang disampaikan langsung oleh masyarakat diharapkan dapat menjadi perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk ditindaklanjuti.

Salah satunya terkait penyediaan sarana air bersih untuk masyarakat di Kecamatan Jelai dan Pantai Lunci, Sukamara. Di dua Kecamatan yang berada di kawasan pesisir ini ada sebuah danau, yakni Danau Tempenak yang potensial dijadikan sarana untuk pemenuhan kebutuhan air bersih untuk masyarakat.

Agar bisa dimanfaatkan sebagai sarana air bersih diperlukan campur tangan dari pemerintah untuk pembangunan dan pengelolaannya.

“Pembangunan dan pengelolaan danau Tempenek untuk pemenuhan air bersih bagi masyarakat Kecamatan Jelai dan Pantai lunci, itu yang disampaikan masyarakat saat kita reses kemarin,”Ucap Nataliasi, saat diwawancarai awak media, di Gedung Dewan, jalan S.Parman, pekan kemarin.

Untuk diketahui selama ini dua Kecamatan ini disaat-saat tertentu kesulitan untuk memperoleh sumber air bersih. Oleh karena itu apa yang disampai itu bisa ditindaklanjuti dan mendapat perhatian dari pemerintah melalui instansi terkait.

Legislator Komisi A yang membidangi Hukum dan Pemerintahan ini juga mengungkapkan, selain sebagai sarana air bersih jika dikelola Danau ini juga bisa menjadi sarana atau destinasi wisata.

“Mereka sangat mengharapkan agar adanya uluran tangan dari pemerintah untuk menangani Danau Tempenek ini,”Pungkas Srikandi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kalteng ini. (Nvd)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *