Pemkab Kapuas optimalkan operasional Rumah Sakit Pratama Pujon

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi memberikan sambutan pada acara peresmian RS Pratama Pujon di Kecamatan Kapuas Tengah, Kamis (4/7/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Stasistik Kapuas).

Kuala Kapuas, Media Dayak

Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, berupaya mengoptimalkan pengoperasian Rumah Sakit Pratama Pujon di Kecamatan Kapuas Tengah.

Bacaan Lainnya

“Dengan diresmikannya rumah sakit ini, pemerintah daerah terus meningkatkan fasilitasnya tahun ini juga,” kata Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi di Kuala Kapuas, Jumat (5/072024).

Ia menjelaskan pembangunan Rumah Sakit Pratama Pujon melalui proses yang panjang dan memerlukan kerja keras dari pemerintah serta berbagai pihak lainnya.

Proses panjang itu, katanya, karena dimulai dari penyediaan hingga pemutihan lahan sebagai lokasi bangunan RS.

“Itu menunjukkan betapa besar upaya yang telah kita lakukan untuk mewujudkan impian masyarakat Pujon dan sekitarnya akan fasilitas kesehatan yang memadai,” ucapnya.

Berdirinya Rumah Sakit Pratama Pujon ini, kata dia, sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kapuas, khususnya misi ke-10 yang menitikberatkan pada peningkatan pelayanan kesehatan.

“Kami berharap bahwa Rumah Sakit Pratama Pujon ini dapat menjadi pusat pelayanan kesehatan yang tidak hanya mengedepankan kualitas, tetapi juga aksesibilitas bagi seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dr Tonun Irawaty Panjaitan mengatakan manfaat Rumah Sakit Pratama Pujon besar, terutama dalam pemerataan fasilitas kesehatan dan memberikan kemudahan akses masyarakat Kapuas memperoleh pelayanan kesehatan, terutama di daerah nonpasang surut.

Fasilitas di RS ini meliputi rawat inap, rawat jalan, instalasi gawat darurat (IGD), intensive care unit (ICU), ruang operasi (OK), radiologi, laboratorium, dan instalasi gizi dilengkapi alat-alat kesehatan.

“Saat ini, tim medis sedang dalam perencanaan perekrutan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), kami berharap dengan adanya tim medis yang kompeten, RS Pratama Pujon dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat,” kata dia.

Ia mengharapkan RS Pratama Pujon dapat segera beroperasi dengan masuknya listrik secara optimal dan akses air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang merupakan aspek penting dalam operasional RS, sehingga semua alat dapat dioperasionalkan, mampu menambah jenis pelayanan, dan ketenagaan yang diperlukan.

Dengan demikian, katanya, pelayanan kesehatan semakin komprehensif dan berkualitas, sedangkan pada masa mendatang masih ada pembangunan rumah dinas dan penataan lanskap.

“Selama proses ini berlangsung juga mengharapkan kerja sama semua pihak, termasuk dalam menjaga ketertiban dan keamanan,” demikian dr Tonun.(Antara/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait