Pemerintah Diminta Perketat Pengawasan Arus Mudik

H. Jimin

Palangka Raya, Media Dayak

    DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta kepada pihak Pemerintah agar kembali mematangkan seluruh persiapan serta pengawasan arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya Lebaran mendatang. Pasalnya, hal ini penting, agar berbagai kejadian tahun lalu, baik itu angka kecelakaan, kapal karam dan sebagainya bisa dihindari.

Bacaan Lainnya

Kita minta menjelang arus mudik ini sudah harus ada langkah antisipasi agar tidak terulang kejadian yang tahun kemarin. Baik kapal tenggelam, semuanya arus mudik harus dipersiapkan. Pemerintah harus menyiapkan, pemerintah harus kontrol mengawasi,Ucap anggota DPRD Kalteng H. Jimin, saat dibincangi media ini, di gedung dewan, jalan S.Parman, Selasa (14/5) kemarin.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng III, meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara ini juga mengatakan, menjelang lebaran mendatang. Daerah-daerah yang memiliki pelabuhan dipastikan akan dipadati oleh para pemudik, khususnya ke Pulau Jawa.

“Beberapa daerah itu diantaranya, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) hingga Bahaur, Kabupaten Pulang Pisau. Daerah yang memiliki pelabuhan penumpang seperti Sampit, Kumai, dan yang baru Bahaur kan, biasa H-7 itu sudah sangat padat sekali, ini juga perlu pengawasan dan persiapan yang ketat dari pemerintah,saran Sekretaris Komisi D DPRD Kalteng, yang salah satu tupoksinya membidangi perhubungan ini

Selain itu, sambungnya, yang tidak kalah penting juga menjelang arus mudik ini adalah kecukupan armada angkutan. Kecukupan armada ini sangat penting untuk menghindari kecelakaan dan menjamin keselamatan seluruh pemudik.

Kecukupan armada dan keselamatan penumpang pemudik agar sampai tujuan ini penting. Ini harapan kita, semuanya agar pantauan antisipasi jauh-jauh hari seperti diprioritaskan dan direncanakan sedapat mungkin, harap Legislator dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Kemudian, selain pemerintah, dia juga mengharapkan kepada aparat keamanan segera membuat atau membangun pos jaga. Sehingga hal ini bisa memudahkan masyarakat dalam melaporkan berbagai kejadian serta memperoleh informasi dalam rangka melancarkan perjalanan mudiknya.

“Pos-pos keamanan harus disiapkan, mudah-mudahan tahun ini berkah tidak ada seperti tahun-tahun lalu seperti adanya musibah, kondisi armada harus diperhatikan semua,Pungkasnya.(Nvd)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *