PBS Diminta Dukung Pembangunan di Gumas

Bupati Gumas Jaya Samaya Monong. (Media Dayak/Novri JKH)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Keberadaan perusahaan besar swasta (PBS) di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) tidak semata-mata demi mengejar keuntungan perusahaan, tapi harus memiliki kepedulian dalam mendukung pembangunan di Gumas.

“Selalu saya sampaikan bahwa kehadiran PBS di wilayah ini harus dapat memberi kemanfaatan bagi masyarakat dan kemajuan wilayah melalui tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan (CSR),” ungkap Bupati Gumas Jaya Samaya Monong, Rabu (17/4).

Menurutnya, CSR PBS di Gumas dapat diperuntukkan untuk mendukung pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, pemberdayaan masyarakat di sektor pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, pendidikan, kesehatan, olahraga, keagamaan, dan sektor lainnya yang memberi kemanfaatan bagi masyarakat.

“CSR PBS bisa menjadi mitra strategis pemerintah Kabupaten Gunung Mas dalam melaksanakan program pembangunan di sektor-sektor yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat,” kata Jaya.

“Dalam pembagiannya [CSR] prinsipnya harus proporsional dan professional,” imbuhnya menambahkan.

Ia menegaskan, pemkab mendukung investasi yang masuk ke Gumas asalkan investasi itu harus sehat, yakni benar-benar memperhatikan kepentingan masyarakat, tidak hanya semata-mata mengejar keuntungan perusahaan.

“Kalau tidak mau menunaikan kewajiban [CSR] bagi kepentingan masyarakat Kabupaten Gunung Mas, ya silakan saja berinvestasi di luar wilayah ini, karena kita menginginkan investasi yang clear and clean [investasi yang lengkap perizinan,AMDAL,kebun plasma dan CSR],” tukas Jaya menutup. (Nov/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait