Ini Alasan Jaya Bakal Kembali Maju di Pilkada 2024

Bupati Jaya Samaya Monong dan Wabup Efrensia LP Umbing. (Media Dayak/Novri JKH)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong kembali menyatakan kesiapannya untuk maju kembali di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gumas 2024. Pemilihan secara demokratis dilakukan serentak 27 November 2024.

“Saya bersama bu Efrensia LP Umbing sepakat maju bersama di pilkada Gunung Mas tahun 2024. Alasan kami maju kembali, karena kami ingin menyelesaikan tugas yang belum selesai,” kata Jaya, Rabu (17/4).

Dijelasnya, menyelesaikan tugas yang belum selesai, mengingat masih banyak yang belum terselesaikan dari visi misi dan program pembangunan yang disebabkan badai covid-19 yang melanda Indonesia Maret 2020 berdampak pada pelaksanaan program pembangunan di Gumas.

“Tahun 2020 kami merencanakan memacu percepatan program pembangunan, namun apa boleh buat diawal tahun 2020 itu kita diperhadapkan dengan pandemi covid-19, sehingga akhirnya kami tidak bisa maksimal melaksanakan program pembangunan,” terang Jaya.

Menurutnya, efektifnya mereka membangun Gumas pasca dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Gumas oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran paling hanya setahun.

“Kami dilantik 28 Mei 2019, lalu kami bekerja sekitar pertengahan tahun, dan itu masa penyesuian, dan hanya melanjutkan sisa tahun anggaran yang sedang berjalan,” ujar Jaya.

Ia menuturkan lebih lanjut, hampir tiga tahun pandemi Covid-19, dan akhir tahun 2022 pemerintah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Akibat pandemi Covid-19, pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan penyesuian APBD dalam rangka penanganan covid-19 dan pengamanan daya beli masyarakat.

Dengan kebijakan itu, Pemkab Gumas bahkan pemkab/pemkot lainnya di Indonesia melakukan penyesuian belanja daerah dan melakukan rasionalisasi dari belanja pegawai, belanja barang/jasa dan belanja modal.

“Pemerintah Kabupaten Gunung Mas kala itu melakukan refocusing anggaran dalam upaya penanganan covid-19, sehingga pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan dan pembangunan sektor lainnya di Kabupaten Gunung Mas tidak bisa maksimal karena keadaan yang ada,” beber Jaya.

Jaya berharap masyarakat Gumas bisa memahami ketidakmaksimalan pembangunan di Gumas akibat pandemi covid-19.

Pun demikian, pembangunan tetap juga berjalan, seperti pembangunan jaringan listrik dan jaringan telekomunikasi, perbaikan dan peningkatan jalan dan jembatan dan sektor lainnya.

“Itulah mengapa  saya dan bu Efrensia bersepakat maju kembali di pilkada tahun ini, karena kami ingin menuntaskan visi misi dan program pembangunan yang belum semuanya bisa kami tuntaskan di tahun-tahun yang lalu, dalam mewujudkan Kabupaten Gunung Mas yang semakin lebih baik lagi,” kata Jaya menutup. (Nov/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait