Optimalkan Pemanfaatan Lahan Pertanian

 
Anggota DPRD Provinsi Kalteng Muhajirin . (Media Dayak/dok DPRD Kalteng)
 
Palangka Raya, Media Dayak
 
Optimalisasi penggunaan atau pemanfaatan lahan pertanian dinilai akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas hasil pertanian 
 
Untuk itu Anggota DPRD Kalteng, Muhajirin mendorong pemerintah daerah (Pemda) supaya dapat mengoptimalkan pemanfaatan lahan pertanian, terutama mengatasi setiap kendala yang selama ini menjadi penghambat pengembangan pertanian di wilayah ini.
 
“Harapannya dengan mengatasi kendala akan dapat mencegah terjadinya gagal panen yang akan dialami masyarakat petani kita. Dengan demikian, pemanfaatan lahan pertanian ini menjadi lebih optimal untuk mendongkrak perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat” terangnya, Senin, (16/5/2022)
 
Di dalam optimalisasi pemanfaatan lahan pertanian sambungnya, tentunya Pemda perlu memperhatikan dengan benar terkait pengelolaan air. Lantaran tanpa pengelolaan air yang sesuai, hal tersebut bisa mengakibatkan lahan pertanian menjadi kebanjiran, atau kekeringan sehingga dapat berujung kegagalan panen 
 
“Hal ini lah yang harus diantisipasi bersama, dengan pengelolaan air harus dibenahi dan dijaga. Kalau gagal panen ini bisa dicegah, pasti dampaknya sangat positif, di mana produksi masyarakat menjadi meningkat, karena lahan mereka bisa dikelola dengan baik tanpa khawatir rusak akibat faktor alam,” ujarnya.
 
Pada sisi lain lanjutnya, yang tidak kalah penting dalam optimalisasi lahan pertanian yaitu dukungan penuh Pemda terhadap aspek penunjang pertanian seperti penyediaan benih unggul, ketersediaan pupuk, hingga pemasaran produk pertanian untuk masyarakat.
 
“Harapan kita bersama, pertanian menjadi salah satu sektor unggulan di Kalteng seiring adanya ketahanan pangan. Dukungan Pemda sangat di butuhkan sampai tingkat ekspor, menjadi hal yang bisa lebih difokuskan oleh pemerintah, sehingga pemanfaatan pertanian ini dapat lebih maksimal,” tutupnya (Ytm/ Lsn)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.