Mampu Wujudkan Pemerataan Kesejahteraan, Program AMANAH dari BIN Optimal Bantu Warga Aceh

Oleh: Teuku Iskandar )*

Badan Intelijen Negara (BIN) sangat optimal membantu segenap masyarakat Tanah Rencong dalam mewujudkan pemerataan kesejahteraan. Salah satu upaya nyatanya adalah dengan keberadaan program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH).
Pasalnya, pemerataan kesejahteraan sendiri memang terus menjadi sebuah kebijakan gencar di era kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat ini, yang mana bertujuan supaya tidak ada lagi satu wilayah pun di Tanah Air yang tertinggal dan mengalami kesenjangan berbanding dengan daerah lainnya.
Dalam hal meraih kesejahteraan dan peningkatan pembangunan pada berbagai sektor, utamanya perekonomian, tentunya warga masyarakat Aceh sangat tertolong dan terbantu dengan adanya program AMANAH oleh BIN.
Tercapainya pemerataan kesejahteraan di seluruh wilayah di Indonesia akan dengan mudah tercapai apabila terjadi pula pembangunan pemuda untuk kesuksesan target pembangunan prioritas nasional, yakni pengembangan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berdaya saing, adanya optimalisasi bonus demografi demi menyonsong Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang.
Maka dari itu, Pemerintah dan beberapa Kementerian atau Lembaga terkait lainnya termasuk Badan Intelijen Negara terus berupaya untuk melaksanakan percepatan peningkatan kualitas kepada para anak muda generasi penerus bangsa.
Beragam kegiatan berkaitan dengan kepemudaan terus terlaksana, yang mana meliputi berbagai macam domain seperti pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan, lapangan dan kesempatan kerja, partisipasi dan kepemimpinan, gender dan diskriminasi.
Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Woro Srihastuti Sulistyaningrum mengatakan bahwa koordinasi strategis lintas sektor sangat penting untuk semakin mengoptimalkan upaya peningakatan kualitas para pemuda.
Sejauh ini, meski memiliki slogan yang terkenal, yakni “kerja, kerja, kerja” kemudian juga sudah menjadi rahasia umum kalau pemerintahan di era kepemimpinan Presiden Jokowi sangat banyak melakukan pembangunan infrastruktur, akan tetapi nyatanya Pemerintah RI tidak hanya terjebak pada memprioritaskan agenda pembangunan fisik dan persoalan investasi semata.
Justru, pemerintah saat ini terus juga berfokus pada agenda pemerataan kesejahteraan dan keadilan sosial bahkan bagi seluruh rakyat Indonesia di berbagai pelosok, mulai dari Aceh hingga ke Papua.
Bukan tanpa alasan, pasalnya kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat di Serambi Mekkah itu merupakan hal yang fundamental untuk terlaksana dan menjadi salah satu indikator akan ukuran keberhasilan bagi setiap pemerintahan.
Tentunya karena berfokus pada melaksanakan pemerataan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Aceh, menjadikan Program AMANAH kemudian mendapatkan banyak sekali dukungan dan apresiasi dari masyarakat serta Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.
Salah satunya datang dari Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Provinsi Aceh, Fitriany Farhas yeng mendukung penuh adanya Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat inisiasi BIN RI tersebut.
Potensi sangat besar memang terdapat dalam program yang diinisiasi oleh lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan itu, terlebih memang di dalamnya seluruh kegiatan menyasar kepada anak muda.
Tatkala banyak kegiatan dari Program AMANAH menyasar kepada para generasi muda penerus di Aceh, tentunya hal itu menjadi sangat perlu agar wilayah itu bisa mengalami kemajuan dan mampu mengentaskan Negeri Rencong dari jeratan kemiskinan.
Para pemuda sejatinya merupakan aset bangsa dan negara yang sangat berharga sekali. Untuk itu, mereka harus memiliki bekal yang cukup seperti ilmu pengetahuan dan keterampilan serta memiliki kompetensi untuk membawa Aceh ke arah yang lebih maju lagi.
Di dalam Program AMANAH, para anak muda itu akan mendapatkan banyak sekali didikan dan juga gemblengan sehingga mereka memiliki persiapan yang matang untuk menyalurkan semua bakat serta inovasinya agar mampu menghadapi persaingan secara global.
Tidak tanggung-tanggung, bahkan kehadiran Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat oleh Badan Intelijen Negara tersebut kini mampu menjadi salah satu penopan akan perekonomian di Serambi Mekkah hingga ke depannya.
Hal tersebut lantaran dalam Program AMANAH, akan banya terlahir SDM muda yang sangat berkualitas dan memiiki daya saing tinggi. Mereka akan menjadi penerus generasi bangsa yang memiliki keunggulan.
Daerah Aceh sebenarnya memiliki potensi yang sangat tinggi dan kaya dari berbagai sektor, seperti halnya perikanan, pertanian, hingga pada bidang IT dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Akan tetapi sejauh ini SDM di sana masih belum memadai, sehingga jelas Program inisiasi BIN itu akan sangat membantu peningkatan sumber daya manusia setempat.
Terwujudnya pemerataan kesejahteraan di Aceh kini bukan hanya sekedar isapan jempol semata, pasalnya Program AMANAH oleh BIN sangat membantu segenap masyarakat Tanah Rencong.

Bacaan Lainnya

*) Mahasiswa Aceh tinggal di Surabaya

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait