Legiun Veteran Barut Gelar Muscab

MUSCAB VETERAN-Wakil Bupati Sugianto Panala Putra didampingi Ketua DPRD Set Enus foto bersama Legium Veteran RI usai pembukaan Muscab Veteran di aula BappedaLItbang, Minggu (23/12).(Dayak Pos/Diskominfosandi Barut)

Bacaan Lainnya

Muara Teweh, Media Dayak

   Wakil Bupati Barito Utara (Barut), Sugianto Panala Putra, membuka Musyawarah Cabang (Muscab) ke V Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Barito Utara di aula Bappeda Litbang Jalan A Yani Muara Teweh, Minggu (23/12) kemarin.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, meminta seluruh masyarakat untuk selalu menghargai Legiun Veteran karena jasa dan perjuangan mereka sangat besar bagi bangsa dan negara khususnya di Kabupaten Barito Utara.

“Veteran adalah warga negara yang ikut secara aktif dalam suatu peperangan membela kemerdekaan dan kedaulatan NKRI,” tegas Sugianto dalam menyampaikan sambutan Bupati H Nadalsyah.

Selain itu katanya, warga masyarakat yang ikut dalam revolusi fisik antara 17 Agustus 1945 sampai 27 Desember 1949 untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Termasuk yang ikut melakukan tugas Dwikora secara aktif dalam operasi/pertempuran adalah pahlawan bangsa.

Sugianto menyampaikan, sesuai Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2012 bahwa, semua Veteran Republik Indonesia secara otomatis menjadi anggota LVRI yang merupakan satu-satunya organisasi veteran di Indonesia.

“Negara perlu memberikan penghargaan kepada mereka yang telah menyumbangkan tenaga secara aktif atas dasar sukarela dalam ikatan kesatuan bersenjata baik resmi maupun kelaskaran,” tandas Wabup dihadapan puluhan Vereran.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Barito Utara, Set Enus Y Mebas, Perwira TNI, Polri dan Ketua, anggota serta pengurus Veteran Barito Utara. (lna)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *