Kebun Plasma Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Anggota DPRD Gumas Rayaniatie Djangkan.(Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Anggota DPRD Gunung Mas (Gumas) Rayaniatie Djangkan menyambut baik pembangunan kebun plasma untuk masyarakat Desa Hurung Bunut, Teluk Nyatu, Tewang Pajangan dan Petak Bahandang Kecamatan Kurun oleh PT Archipelago Timur Abadi (ATA).

 

“Ya memang itu [kebun plasma] kewajiban perusahaan kepada Masyarakat disekitarnya, sebagaimana regulasi yang sudah ada bahwa perusahaan perkebunan harus menyiapkan 20 persen dari luasan kebun inti untuk dijadikan kebun plasma,” ujar Raya, Jumat (17/5/2024).

Dia mengharapkan kebun plasma yang dibangun perusahaan harus mampu meningkatkan kesejahteraan petani plasma.

 

“Sistem kemitraan kebun plasma ini sangat baik dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi petani. Keuntungan tidak hanya diperoleh perusahaan tapi juga masyarakat disekitar perkebunan. [Masyarakat] Tidak boleh pasif, harus aktif sehingga memperoleh kemasiahatan dari adanya perusahaan perkebunan,”tutur Raya.

 

Raya menegaskan dalam sistem kemitraan kebun plasma harus terjalin komitmen yang kuat antara pihak perusahaan perkebunan dengan masyarakat sekitar untuk sama-sama saling mendapatkan keuntungan. (Nov/Lsn)

 

 

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait