Kalaksa BPBD Pimpin Apel Persiapan Karhutla di Kamipang

Kalaksa BPBD Kabupaten Katingan’ Markus didampingi kabid kebencanaan Andi serta staf lainnya saat memeriksa sarpras satgas BPBD di Kecamatan Kamipang, usai pelaksanaan apel kesiapsiagaan di Kecamatan setempat, Kamis pagi (27/6) kemaren. (Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Kabupaten Katingan, Markus pimpin apel persiapan untuk menghadapi musibah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Katingan, Kamis pagi (27/6) kemaren, di halaman kantor Pemerintah Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan.

Bertindak sebagai inspektur upacara (irup) adalah, Kalaksa BPBD Kabupaten Katingan, Markus. Sedangkan jumlah pesertanya sekitar 85 orang, yang terdiri dari personil BPBD Kabupaten Katingan, anggota TNI-Polri, Manggala Agni, Resort Pengelola Hutan Kecamatan setempat, anggota satgas kebencanaan wilayah Kecamatan setempat, personil Pemadam Kebakaran (Damkar) Pos Baun Bango dan sejumlah personil dari beberapa perusahaan di sekitar Kecamatan setempat.

Kalaksa BPBD Kabupaten Katingan, Markus dalam sambutannya berharap kepada semua peserta apel pada pagi itu agar senantiasa mempersiapkan personil dan sarana dan prasarana (sarpras). Begitu pula persiapan personilnya, yang harus siap dan siaga, jika sewaktu-waktu dibutuhkan. “Sebab musibah kebakaran, baik di hutan, di lahan, pekarangan maupun di perumahan penduduk tidak mengenal waktu,” kata Markus.

 
Usai pelaksanaan apel, dirinya juga menjelaskan tentang bagaimana tata cara pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada khususnya. Sehingga, dapat meminimalisir terjadinya karhutla di tempat-tempat yang rentan horspot dan titik-titik api. 
 
Kemudian, sebelum meninggalkan tempat pelaksanaan apel pada siang harinya, dirinya menyempatkan diri melakukan pengecekan sarana dan prasarana (sarpras). Diantaranya, mobil pemadam kebakaran, mesin pemadam kebakaran dan sejumlah fasilitas lainnya. “Tujuannya, untuk memastikan bahwa semua sarpras yang dimiliki tersebut dapat difungsikan ketika kebakaran terjadi,” terangnya. 
Kalau pekan lalu digelar di Kecamatan Mendawai, dan pekan ini di Kecamatan Kamipang, maka pekan depan BPBD menurutnya, akan menggelar lagi kegiatan seperti ini di Kecamatan Katingan Hilir. “Oleh karena itu, tolong untuk satgas BPBD di Kecamatan Katingan Hilir mulai sekarang agar mempersiapkan semua personil beserta sarpras damkarnya,” pesan mantan Kabag Protokol di Setda Katingan ini. (Kas/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait