Jaya Buka Pentas Seni Danting Menari

Bupati Gumas Jaya Samaya Monong didampingi Sekda Gumas Richard, Ketua TP PKK Gumas Ny Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong, Ketua KNPI Gumas Dedidamaiyanto, dan sejumlah pengurus KNPI membuka Pentas Seni Danting Menari di Taman Kota Kuala Kurun, Sabtu (27/4/2024) malam. (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Dalam rangka memperingati Hari Tari Sedunia Tahun 2024, digelar  Pentas Seni Danting Menari di Taman Kota Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Sabtu (27/4/2024) malam.

 

Kegiatan dibuka Bupati Gumas Jaya Samaya Monong, dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Gumas Richard, Ketua TP PKK Gumas Ny Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong, Ketua KNPI Gumas Dedidamaiyanto, sejumlah jajaran pengurus KNPI Gumas dan tamu undangan lainnya.

 

Pada sambutannya, Jaya menyampaikan Danting Menari dilaksanakan dalam rangka memberikan ruang dan menyediakan wadah untuk berekspresi bagi anggota sanggar untuk menampilkan karya seni pertunjukan terkhususnya dibidang seni tari/musik dan bela diri tradisional/pencak silat sakepeng.

 

“Kegiatan ini bertujuan untuk membina dan mengasah minat bakat anggota sanggar yang prioritasnya adalah pelajar serta menumbuhkan kecintaan anggota terhadap budaya lokal sehingga terhindar dari berbagai pergaulan bebas/ penggunaan social media yang berlebihan,”kata Jaya.

 

Jaya harap kegiatan ini akan terus diadakan pada tahun-tahun yang akan dating, bahkan bisa menjadi event tahunan di Gumas dengan dukungan penuh dari perangkat daerah, pihak swasta dan perbankan dan melibatkan lebih banyak lagi sanggar /kelompok kesenian /sekolah dan organisasi lainnya.

 

Sementara, ketua panitia Noveria S.Sabarina mengatakan, kegiatan Pentas Seni Danting M yang kedua kalinya ini diselenggarakan oleh Sanggar Seni dan Budaya Dandang Tingang Kuala Kurun berkolaborasi dengan DPD KNPI Gumas yang mengadakan Pentas Seni dan You-See D’Studio Zumba Menari dalam rangka memperingati Hari Tari Sedunia.

 

Kegiatan pentas seni Danting Menari menampilkan pertunjukan,seperti zumba menari, dwi amerta, bahing gandang garantung danting,bawie kurik,bahalai bawie,giring-giring, kabangan anak luhan, mandulang,manugal,dan melayu.

 

Selanjutnya mamasan manunggu dahuyan, sakepeng,kamenteng hatue, kamenteng bawie, naharang asang panenden bunu dan manari manasai bersama.

 

“Kami [panitia] mengucapkan terima kasih kepada seluruh sponsor sehingga kegiatan ini bisa terlaksana. Kami minta maaf jika dalam kegiatan ini terdapat banyak kekurangan, dan semoga kedepannya bisa lebih baik lagi,”ujar Nove. (Nov/Lsn)

 

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait