Jaga Ekosistem Sumber Daya Ikan, Diskan Lakukan Restocking Benih Ikan Di Perairan Umum Kota Palangka Raya

Diskan Kota Palangka Raya menggelar kegiatan Restocking/pelepasliaran benih ikan di perairan umum kota Palangka Raya tahun 2021, Rabu (24/11/2021).(Media Dayak/ IsenMulang)
 
Palangka Raya, Media Dayak
 
Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perikanan (Diskan) Kota Palangka Raya menggelar kegiatan Restocking/pelepasliaran benih ikan di perairan umum kota Palangka Raya tahun 2021
 
Adapun kegiatan restocking atau pelepasliaran benih ikan tersebut digelar di Danau Tahai Kelurahan Tumbang Tahai Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya, Rabu (24/11/2021).
 
Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriati Ritadewi menyebutkan kegiatan restocking/pelepasliaran ikan adalah wujud dari keperdulian pemerintah untuk membantu meningkatkan taraf hidup nelayan kecil dan dalam rangka menjaga kelestarian stok/keberadaan ikan lokal di perairan umum tetap  lestari dan keberadaannya berkelanjutan. 
 
“Perairan umum adalah sumber daya perikanan merupakan aset yang perlu dijaga dan dilestarikan keberadaannya sehingga sumberdaya ikan perairan umum di wilayah kota cantik Palangka Raya ini tetap terjaga,” kata Indriarti.
 
Indriati menjelaskan bahwa berdasarkan data statistik perikanan tangkap tahun 2020produksi perikanan tangkap perairan umum sebesar 4.835,98 ton terdiri dari sungai sebesar 1.655,22 ton, danau sebesar 1.7372,92 ton dan rawa sebesar 1.442,84 ton.
 
Dengan kata lain produksi tangkapan ikan di Kota Palangka Raya mengalami kenaikan sebesar 78,81 ton atau 1,6 persen jika dibandingkan tahun 2019 yaitu 4.757,17. ton menjadi 4.835,98 ton.
 
“Dengan keberadaan potensi serta data statistik tersebut tentu saja sektor perikanan perlu dikelola secara berkelanjutan dan terjaga kelestariannya,” ucap Indriati.
 
Selain itu, dirinya berharap melalui kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat langsung sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat nelayan kecil sebagai penopang ekonomi masyarakat atau UMKM dalam kesedian bahan baku olahan berbahan dasar ikan tangkapan dan kebutuhan konsumsi ikan masyarakat pada umumnya.
 
“Semoga dengan dilakukannya pelepasliaran benih ikan ini, ekosistem sumberdaya ikan tatap terjaga keberadaannya, lestari berkelanjutan untuk kebutuhan hidup sekarang dan kehidupan anak cucu kita yang akan datang,” tutup Indriati. (MMC/Ytm/Lsn)
 
 
 
 
image_print

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.