IKK PIHPS Harian di Kalteng Kembali Turun

Infografis IKK PIHPS BI Kalteng (14/4/2022)

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Indeks Komposit Komoditas (IKK) Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) harian Provinsi Kalimantan Tengah kembali bergerak turun pada Kamis (14/4/2022).

Berdasarkan infografis harian PIHPS dari Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Kalimantan Tengah yang diterima Media Dayak.id, Kamis (14/4) pagi, IKK PIHPS harian di Kota Palangka Raya kembali bergerak turun -0,16 persen, dengan tren rerata bulanan inflasi 3,01 persen.

Penurunan terjadi karena pada dua pasar di Kota Palangka Raya, yaitu Pasar Besar dan Pasar Kahayan, ada dua komoditas yang terpantau turun yaitu Cabai Merah dan Telur Ayam Ras.

Cabai merah tercatat mengalami penurunan Rp5.000 dari sehari sebelumnya yang tercatat Rp83.750 per Kilogram menjadi Rp78.750 per Kilogram. Sedangkan Telur Ayam Ras mengalami penurunan dari sehari sebelumnya sebesar Rp26.300 menjadi Rp25.900 per Kilogram.

Berdasarkan pemantauan, penurunan harga dipengaruhi oleh banyaknya persediaan cabai merah/over supply karena panen, dan perubahan harga dari pemasok (pedagang besar/produsen) telur ayam ras lokal.

IKK PIHPS harian di Sampit juga kembali bergerak turun -0,47 persen, dengan tren rerata bulanan inflasi 2,85 persen.

Pada dua pasar di Sampit, yaitu Pasar Kramat dan Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM), komoditas yang terpantau turun adalah Daging Ayam Ras.

Daging Ayam Ras mengalami penurunan dari sehari sebelumnya yang tercatat Rp37.000 per Kilogram menjadi Rp36.250 per Kilogram.

Berdasarkan pemantauan penurunan harga dipengaruhi oleh banyaknya persediaan dan turunnya permintaan daging ayam ras (ingin menghabiskan stock lama).(rls/Aw)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.