Gubernur Tegaskan Pemprov Kalteng Siap Mendukung Dan Menfasilitasi Kegiatan KKN Kebangsaan Ke-10 dan KKN Bersama 

Foto : Ramah tamah dan jamuan santap malam Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Sekjen DPP PDI-P Hasto Kristiyanto, Gubernur Kalimantan Utara Brigjen Pol (Purn) Zainal Arifin Paliwang serta Rektor Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia, di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Sabtu (16/7/2022). (Media Dayak/MMC Kalteng)
 
 
 
Palangka Raya, Media Dayak
 
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menggelar ramah tamah dan jamuan santap malam bersama Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Sekjen DPP PDI-P Hasto Kristiyanto, Gubernur Kalimantan Utara Brigjen Pol (Purn.) Zainal Arifin Paliwang serta Rektor Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Sabtu (16/7/2022) malam. 
 
Gubernur Sugianto Sabran mengatakan dalam rangka penyelenggaraan KKN Kebangsaan ke-10 dan KKN Bersama tahun 2022, Pemprov dan masyarakat Kalteng memberikan apresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah mempercayakan dan menyukseskan pelaksanaan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama tahun 2022 di Provinsi Kalteng.
 
“Selaku tuan rumah, Pemprov Kalteng siap mendukung dan memfasilitasi kegiatan yang baik ini. Dengan adanya program ini, menjadi harapan kita bersama dan Insya Allah akan memberikan kontribusi positif, baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kalteng,” ucap Gubernur.
 
Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalteng menyampaikan pertumbuhan ekonomi di Kalteng cukup baik, walaupun dalam kondisi pandemi Provinsi Kalteng sempat menurun pertumbuhan ekonominya pada TW I tahun 2020 yakni sebesar -1,40 persen, namun Kalteng dapat cepat bangkit sehingga pertumbuhan ekonomi pada TW I tahun 2021 naik sebesar 3,4 persen dan kembali meningkat 7,32 persen pada TW I tahun 2022. 
 
Penduduk Kalteng juga sangat heterogen, hampir semua suku besar ada di Kalteng mencakup suku Dayak, Jawa, Banjar, Bugis, Sunda, Madura, Flores, Batak dan suku-suku lainnya. Dengan jumlah penduduk mencapai 2,6 Juta jiwa, Provinsi Kalteng selain fokus pada pembangunan infrastruktur, kesehatan dan pendidikan, Pemprov Kalteng juga fokus pada peningkatan kualitas SDM.
 
“Besar harapan kami Bapak Jenderal TNI Dudung Abdurachman selaku KASAD dan Bapak Hasto Kristiyanto, selaku Sekjen PDIP yang saat ini merupakan bagian dari Keluarga Besar Masyarakat Hukum Adat Dayak Kalteng dapat turut memberikan perhatian khusus kepada putera-puteri asli Kalteng untuk bisa menjadi Taruna/Taruni Akademi Militer, sehingga proyeksi kami 20-25 tahun yang akan datang Putra Dayak Kalteng ada yang menjadi Jenderal,” tuturnya.
 
Selanjutnya Sugianto Sabran juga menyampaikan bahwa angka prevalensi stunting Kalteng tahun 2021 mencapai 27,4 persen lebih 3 persen dari Prevalensi Stunting Nasional yang hanya 24,4 persen 
 
“Kami juga mohon kesediaan Bapak KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman dapat menjadi Ayahnda Stunting untuk Masyarakat Kalteng. Hal ini kami harapkan dengan maksud, peran serta anggota TNI di wilayah Provinsi Kalteng dapat turut berpartisipasi aktif memberantas dan mencegah stunting sampai ketingkat desa melalui sinergi bersama satgas percepatan penurunan stunting di Provinsi Kalteng,” ujar Gubernur berharap.
 
Disampaikan lebih lanjut bahwa Provinsi Kalteng mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat dalam hal ini Presiden RI Joko Widodo untuk melaksanakan Program Strategis Nasional (PSN) Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas guna turut mendukung ketahanan pangan nasional serta menjadi provinsi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur. 
 
Disamping hal tersebut, selain meningkatkan pendapatan daerah melalui pengelolaan hasil SDA dari sektor pertambangan, perkebunan dan sektor potensial lainnya. Saat ini Provinsi Kalteng juga sedang melakukan pengembangan kawasan tambak udang vaname atau shrimp estate di Kabupaten Sukamara. 
 
“Sehubungan dengan hal tersebut, beberapa waktu yang lalu Pemprov Kalteng juga menerima Peserta Studi Lapangan Isu Strategis Nasional (SLISN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXIII Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI yang berkunjung dan melakukan studi di Kabupaten Sukamara dalam rangka menyukseskan pembangunan Food Estate di Provinsi Kalteng,” pungkas Gubernur Sugianto Sabran (MMC/Ytm/ Lsn)
 
 
Facebook Comments Box
image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.