Gubernur Buka FBIM dan Festival Kuliner Nusantara Tahun 2024

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran sampaikan sambutan di pembukaan FBIM dan dan Festival Kuliner Nusantara Tahun 2024, di Halaman Gor Indoor Serbaguna, Jalan Tjilik Riwut Km 5,5 Sabtu (18/5/2024) malam. (Media Dayak/MMC Kalteng)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran secara resmi buka Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara Tahun 2024, di Halaman Gor Indoor Serbaguna, Jalan Tjilik Riwut Km 5,5 Sabtu (18/5/2024) malam. 
 
Gubernur mengatakan saat ini Provinsi Kalteng terus bergerak dan melakukan perubahan, berinovasi serta kreatif, bukan hanya sebagai seremoni, tetapi juga menjadi kekuatan pariwisata daerah, nasional, bahkan mancanegara. 
 
“Kita terus rubah pembangunan Kota Palangka Raya, jantungnya Provinsi Kalteng. Nanti di Bundaran Besar akan ada Pekan Budaya setiap minggunya dan di Kilometer 26 InsyaAllah akan dibangun universitas yang presentatif, yang bisa menyaingi lima besar universitas yang ada di Indonesia,” ujarnya. 
 
Gubernur menambahkan, di Kilometer 26 nantinya juga akan dibangun Rumah Sakit Provinsi dan gratis untuk masyarakat tidak mampu. 
 
“Silahkan datang ke Rumah Sakit yang ada di Kalteng, saya selaku Gubernur menjamin itu digratiskan bagi masyarakat yang tidak mampu,” tukasnya. 
 
Selanjutnya, Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kurleni Ukar mengatakan FBIM tahun ini terpilih masuk dalam karisma event Nusantara. 
 
“FBIM 2024 diharapkan dapat membantu mendongkrak kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, khususnya ke Kalimantan Tengah sebagai salah destinasi wisata unggulan yang sudah terkenal di mancanegara,” ungkapnya. 
 
Menurutnya, FBIM ini juga menjadi wajah promosi ekonomi kreatif dan kuliner khas Kalteng sehingga lebih berkembang dan dikenal. 
 
“Kami berharap agar kegiatan ini dapat memberikan dampak sosial budaya, lingkungan, khususnya ekonomi bagi seluruh masyarakat Kalteng,” pungkasnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov Kalteng Adiah Chandra Sari menyampaikan dalam laporannya, kegiatan FBIM ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kalteng ke-67 dan sebagai upaya melestarikan nilai-nilai tradisi seni dan budaya Kalteng. 
 
“Kegiatan ini menjadi sarana yang baik untuk memperkenalkan potensi dan keunggulan pariwisata yang ada di Kalteng dan juga mampu menggugah dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan nilai-nilai seni, tradisi dan budaya yang ada di Kalteng,” terangnya (MMC/Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait