Gedung PYCH Diresmikan, Pemuda Papua Apresiasi BIN dan Pemerintah

Jayapura, Media Dayak

Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, (21/03/2023), di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua. Dalam peresmian tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga didampingi oleh Kepala Badan Intelijen Negara (KaBIN) Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D., pihak Kementerian PUPR dan Kemenpora. 

Bacaan Lainnya

Presiden Jokowi mengungkapkan keberadaan PYCH menjadi ruang pemberdayaan kualitas SDM dan merupakan bagian dari menyiapkan bonus demografi masa mendatang.

“Negara kita, Indonesia akan mengalami bonus demografi pada tahun 2035. Sebagian besar berusia produktif, di Papua saja ada sekitar 2,6 juta usia produktif. Bahkan sebanyak 60% penduduk usia produktif mendominasi Papua dan Papua Barat di tahun 2022 lalu, sehingga memerlukan wadah dan peluang kerja,” jelasnya.

Kepala Badan Intelijen Negara (KaBIN) Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D., dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa PYCH menjadi tonggak sejarah pemuda Papua.

“Berawal dari 23 orang pemuda pemudi Papua yang bertemu Presiden Jokowi, dan sekarang anggotanya sudah lebih dari 12 ribu orang, yang bergerak di berbagai bidang termasuk pertanian, peternakan, industri kreatif, dan banyak bidang lainnya,” ungkap Kepala BIN, dalam rilis yang diterima Media Dayak.id.

Pihaknya menambahkan PYCH akan menciptaan lapangan pekerjaan pengembangan bisnis dan ekonomi, seni budaya, dan teknologi, serta ntuk melindungi karya anak muda Papua, berbagai hasil karya seperti mesin sagu, mesin giling, mesin press, laptop dan smart phone telah didaftarkan hak ciptanya. 

“Visi misi PYCH menjadi motor penggerak dengan kemitraan berbagai stake holder. Kami optimis PYCH hasilnya dapat mendunia dengan pengembangan SDM Pemuda Pemudi Papua,” ujarnya. 

Perwakilan pemuda Papua menyatakan pembangunan gedung ini merupakan satu dari sekian banyak fasilitas yang diberikan kepada anak muda Papua dan masyarakat Papua oleh Presiden Jokowi dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Perwakilan pemuda Papua yang bernaung dalam PYCH, Vitha Faidiban mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan atas dukungan pembangunan PYCH tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan Kepala BIN, Pak Budi Gunawan, atas kebaikan dan cintanya untuk Tanah Papua, sehingga kami diberikan kesempatan menempati gedung ini nantinya, untuk bisa berinovasi, memberikan karya terbaik bagi Tanah Papua dan untuk Indonesia,” ujar Vitha.

Gedung PYCH terdiri atas dua lantai dan dua gedung asrama. Luas bangunan utama sekitar 3.520 meter persegi dan bangunan penunjang 1.812 meter persegi. Bangunan PYCH juga dilengkapi ruang asrama serta lahan dan lanskap. Gedung tersebut juga menyediakan ruangan untuk produk UMKM, ruang pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, ruangan yang dapat digunakan untuk co-working space, ruang pembelajaran teknologi hingga perpustakaan. 

PYCH merupakan simbol gerakan kolaboratif pemuda pemudi Papua yang dibina oleh BIN dengan visi Bersatu, Bersinergi, dan Berkarya untuk Kesejahteraan Papua.(Ist/Lsn)

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait